Pola Hidup Sehat Sebagai Peningkatan Imun dan Iman

Pola Hidup Sehat pada Isu kesehatan pada akhir- akhir ini tak lagi menjadi hal yang disepelekan bagi umat manusia hingga banyak pakar-pakar kesehatan ikut andil dalam meneliti perkembangan persentase kesehatan umat manusia dimuka bumi ini. Terutama pada isu Covid-19 yang merubah euforia kesehatan menjadi pesta bisnis yang berdalih kesehatan.

Pada tanggal 14 januari 2021 Pendakwah Ternama yang sering disebut sebagai bapak Tahfidz Indonesia Syeikh Ali Saleh Muhammad Ali Jaber atau yang sering kita sebut sebagai Syeikh Ali Jaber meninggal dunia di Rumah Sakit Yarsi, Jakarta. Kabar meninggalnya ini diungkapkan oleh Ustadz Yusuf Mansur melalui akun Instagramnya @yusufmansurnew.

Pada hari Jum’at tanggal 15 januari 2021, Al-ustadz Assoc. Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil. memberikan pesan dan nasehat pada khutbah mimbarnya mengenai kepergian Alm. Syeikh Ali jabber dan pentingnya meningkatkan ilmu, iman dan imun. Beliau mengutip hadits yang diriwayatkan oleh rosulullah SAW yaiut Diantara tanda-tanda Kiamat adalah hilangnya ilmu dan menyebarnya kebodohan. Dijelaskan dalam ash-Shahiihain dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu, beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ وَيَثْبُتَ الْجَهْلُ

Di antara tanda-tanda Kiamat adalah hilangnya ilmu dan tersebarnya kebodohan.

إِنَّ اللهَ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انْتِزَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ الْعِبَادِ، وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَمَاءِ حَتَّـى إِذَا لَمْ يَبْقَ عَالِمًا اتَّخَذَ النَّاسُ رُءُوسًا جُهَّالاً فَسُئِلُوا، فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا

Artinya: ‘Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu sekaligus dari para hamba, akan tetapi Allah mencabut ilmu dengan mewafatkan para ulama, sehingga ketika tidak tersisa lagi seorang alim, maka manusia akan menjadikan orang-orang bodoh sebagai pemimpin, lalu mereka ditanya, kemudian mereka akan memberikan fatwa tanpa ilmu, maka mereka sesat lagi menyesatkan orang lain. Hr. (Bukhari).

            Entah mengapa dari isu kematian syeikh ali jabber ada beberapa kata yang sangat mencengangkan yaitu “saya tidak tau apakah dibalik kematian Syeikh Ali Jaber terdapat rencana PKI atau memang rencana Allah SWT. Wallahu a’alam” setelah penyampaiannya mengenai kematian almarhum, banyak sekali pitutur yang disampaikan oleh Al-Ustadz hamid perihal pentingnya menimba ilmu dan menjaga imunitas tubuh bagi umat muslim agar peradaban islam tak menghilang dari peradaban dunia.

ILMU, IMAN & IMUN

Apakah ilmu memiliki pengaruh yang sangat besar kepada iman seseorang? Tentu saja iya jawabannya. Karena Ilmu adalah badan dan iman sebagai baju yang menutupi badan itu. Ilmu yang dimiliki oleh manusia adalah tolak ukur keimanan manusia tersebut, sehingga kita harus meningkatkan intelektualitas pribadi masing-masing.

Lalu mengapa ilmu, iman dan imun memiliki hubungan yang berkesinambungan? Dalam proses manusia untuk berilmu membutuhkan imunitas tubuh yang mendukung seseorang dalam berproses. Seperti yang dikatakan ustadz hamid pada khutbah mimbarnya. Logika memiliki asupan-asupan yang harus dilengkapi. Contohnya adalah, makan yang banyak, istirahat yang cukup, dan selalu menunaikan ibadah wajib. Kalau kita hanya hidup sehat atau hanya hidup untuk mengikuti trend saja sangatlah sayang sekali,

Senam adalah salah satu meningkatkan pola hidup sehat

Maka pada siklus kehidupan manusia. Sangatlah harus untuk menjaga imunitas tubuh. Lalu bagaimana kita meningkatkan imunitas tubuh kita? Jawabannya sangatlah mudah. hanya dengan menerapkan Pola hidup sehat. Jika kita ingin meningkatkan imun dengan metode iman, maka naikan standar atau hal” yang berhubungan dengan ibadah yang kita bisa lakukan. karena semua ibadah dapat meningkatkan imunitas tubuh. Segala kegiatan syari’at islam membentuk puzzle-puzzle kesehatan dalam tubuh manusia karena waktu-waktu kita telah diatur oleh ibadah-ibadah fi’liyah. Seperti halnya sholat lima waktu, sholat hajat, sholat  tahajjud, membaca Al-Qur’an Dsb.

Pada gerakan sholat kita mendapatkan beberapa manfaat yang sangat menyehatkan pada tubuh kita yaitu: dapat melancarkan aliran darah pada tubuh, membuat tubuh rileks, bagus pada pergerakan sendi, baik untuk postur tubuh, dapat meregangkan tubuh, dapat mengendalikan otot perut dan baik untuk sistem pencernaan serta menjaga Pola Hidup Manusia. Sehingga manusia yang senantiasa menjaga sholatnya insya Allah memiliki kesehatan jasmani dan rohani secara utuh.

Sedikit kesimpulan yang bisa kita ambil dari Pesan dan Nasehat yang disampaikan oleh Al-Ustadz Assoc. Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil. Diatas adalah kita harus memaksakan diri kita untuk selalu meningkatkan imunitas tubuh, menjaga iman kita serta belajar dengan maksimal, agar kita senantiasa tetap menjaga Pola hidup sehat dengan iman yang kuat dan ilmu yang kita punya banyak juga luas serta bermanfaat bagi khalayak ramai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *