Pendampingan Pengajaran Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode UMMI di TPA Darun Nadwah Desa Demangan Siman Kabupaten Ponorogo

Dosen dan Mahasiswa UNIDA Gontor program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di TPA Darun Nadwah pada hari Selasa 3 Januari 2023.

Kegiatan ini dibimbing oleh al-Ustadz Dr. Aqdi Rofiq Asnawi,M.A dan al-Ustazah Niken Sylvia Puspitasari, M.Si. Beberapa mahasiswa prodi IQT turut menjadi pendamping dalam melatih membaca Al-Qur’an menggunakan Metode UMMI di TPA Darunnadwah. Program pendampingan ini dilatar belakangi dari hasil observasi terkait permasalahan mitra yang kesulitan dalam mengajarkan Al-Qur’an. “Anak-anak di TPA ini memang butuh suatu metode untuk belajar membaca Al- Qur’an,” ujar Ustadz Abdillah Khayyi yang juga selaku pengajar di TPA Darun Nadwah.

Pendampingan Pengajaran Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode UMMI di TPA Darun Nadwah Desa Demangan Siman Kabupaten Ponorogo

Gambar 1 : Suasana pengenalan metode UMMI.

Pendampingan Pengajaran Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode UMMI di TPA Darun Nadwah Desa Demangan Siman Kabupaten Ponorogo

Gambar 2 : Penyampaian metode UMMI

Ustadz Khayyi juga menyampaikan bahwa di TPA Darunnadwa ini membutuhkan pengajaran dengan suatu metode yang cocok untuk usia 6-11 tahun. Selain itu, Ustadz Qolbi selaku dari mitra yang mengadakan pelatihan metode UMMI memberi tanggapan bahwasanya  metode ini cocok untuk usia tersebut karena metode ini sejurus dengan namanya yaitu UMMI  (dalam bahasa arab) yang artinya ibu. Metode ini diajarkan dengan nada lembut yang mudah dipahami dan diikuti.

Para tim pengabdi berusaha mengatasi permasalahan ini dengan beberapa tahap:

  1. Pada Tahap pertama diawali dengan perencanaan berupa koordinasi dengan mitra yang bersangkutan.
  2. Tahap kedua yaitu pelaksanaan pengabdian dengan melakukan pelatihan metode UMMI kepada peserta didik.
  3. Pada tahap terakhir yaitu  Monitoring dan Evaluasi, dimulai dengan pembelajaran dan pengajaran mengenai metode UMMI.

Setelah melakukan beberapa tahapan tim pengabdi mengukur keberhasilan dengan menganalisis kondisi mitra sebelum dan sesudah pengabdian. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa setelah pengabdian pengetahuan mitra terkait pengajaran dengan metode UMMI meningkat. Hal ini berdasarkan nilai pre-test dan post-test. Selain itu mitra juga merasakan manfaat kegiatan ini (Hal ini diketahui dari hasil kuesioner yang disebarkan).

            Pada akhirnya kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi dosen untuk menjalankan tri darma perguruan tinggi, melatih mahasiswa untuk peka terhadap masalah yang dihadapi masyarakat. Dan mitra juga mendapatkan manfaat terkait pengetahuan tentang metode pembelajaran Al-Qur’an.

Author : Aqdi Rofiq Asnawi

Editor : Ilham Habibullah

Related News

Get Our Latest Update & Subscribe Newslater

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus.