Pada Selasa, 10 Januari 2023, dosen dan mahasiswa Universitas Darussalam Gontor program studi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir melaksanakan suatu kegiatan PKM Pengabdian Masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Mumtaz Kec. Ponorogo. kegiatan tersebut mereka lakukan dengan membawa judul “Pelatihan Pembelajaran Al-Qur`an dengan Metode Asy-Syafi`i di Madrasah Ibtidaiyah Mumtaz Ponorogo”. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh al-Ustadz Aqdi Rofiq Asnawi dan al-Ustadz Mujib Abdurrahman dengan melibatkan mahasiswa program studi IQT bermitra dengan Madrasah Ibtidaiyah Mumtaz Ponorogo. Hasil observasi mitra menunjukkan bahwa mitra kesulitan dalam pembelajaran Al-Qur’an sehingga perlu pelatihan metode pembelajaran Al-Qur’an agar tercapai tujuan yang ingin dicapai seperti yang diungkapkan Direktur Ponorogo Al-Ustadz Tri Rida Utomo terkait permasalahan yang dihadapi.

Gambar 1. Suasana Pembelajaran Metode Asy-Syafi’i

Gambar 2. Penyerahan buku metode Asy-Syafi’i kepada peserta didik
Dalam pelaksanaan pengabdian Ustadz Tri Rida Utomo mengungkapkan bahwa, “pelatihan metode ini sangat bermanfaat bagi MI, dan saya juga menjadi paham dan anak-anak juga menyukai cara mengelompokkan huruf-huruf yang hampir sama dalam pembelajarannya jadi, saya bisa mendampingi anak-anak dalam penerapan metode pembelajaran tersebut.”
Pelaksanaan kegiatan ini melalui beberapa tahapan antara lain: Pada Tahap pertama diawali dengan pperencanaan berupa berkoordinasi dengan mitra yang bersangkutan. Tahap kedua yaitu ppelaksanaan pengabdian dengan melakukan pelatihan dengan para peserta didik dengan cara menyampaikan di depan mereka dengan menggunakan alat berupa penghapus dan spidol. Pada tahap terakhir yaitu Monitoring dan Evaluasi. Pada tahap ini dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi dimulai Dari cara pembelajaran dan pengajaran serta pelatihan mengenai metode As-Syafi`i.
Setelah melakukan beberapa tahapan tim pengabdi mengukur peningkatan pengetahuan yang diperoleh mitra setelah pelatihan dengan meminta peserta didik untuk menyebutkan beberapa kaidah metode Asy-Syafi`i seperti penyebutan persamaan huruf hijaiah disertai pemberian hadiah kepada para peserta didik supaya lebih semangat dalam menjawab pertanyaan.
Pada akhirnya kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi dosen untuk menjalankan tri darma perguruan tinggi, melatih mahasiswa untuk peka terhadap masalah yang dihadapi masyarakat dan menemukan solusi permasalahan tersebut dan mitra juga mendapatkan manfaat terkait pengetahuan tentang metode pembelajaran Al-Qur’an.
Penulis : Niken Sylvia Puspitasari
Editor : Ilham Habibullah