Mengenal Sanad Qiro’at Dan Rasm Ustmani di Indonesia

Berbicara tentang Rasm Utsmani dan Sanad Qira`at. Jakarta, 18 Januari 2023, mahasiswi Prodi IQT UNIDA Gontor mengunjungi Institut Ilmu al-Qur’an (IIQ) Jakarta dalam rangka kegiatan Studi Pengayaan Lapangan. Acara ini dihadiri 42 Mahasiswa dan di dampingi oleh 3 Pembimbing, antara lain adalah:

Al- Ustadz Ahmad Fadly Rahman Akbar M. Us.,

Al-Ustadzah Yusrina Dyah Wulandari M.Ag.,

Al-Ustadzah Dzatu Aliviatin Nuha M.Ag.,.

Mengenal Sanad Qiro’at Dan Rasm Ustmani di Indonesia

Dalam kesempatan ini dihadiri langsung oleh:

  1. Wakil Rektor I, IIQ Jakarta Dr. Hj. Romlah Widayati, M.Ag.,
  2. Wakil Rektor III, Hj. Muthmainnah, M.A.,
  3. Direktur Program Pascasarjana, Dr. H. Muhammad Azizan Fritriana, M.A.

Dalam kunjungan kali ini pembahasan difokuskan pada tema Ilmu Qiro’at, dimana Ilmu Qiro’at menjadi ilmu utama sekaligus ciri khas dari pembelajaran di IIQ Jakarta. Acara di moderatori oleh Hj. Istiqomah, M.A. selaku Ketua Lembaga  Tahfidz dan Qiroat al-Qur’an (LTQQ). Dilanjutkan oleh pemateri pertama yang disampaikan oleh Dr. Hj. Romlah   Widayati,  M.Ag.

Dalam  kesempatan  ini Dr. Hj. Romlah   Widayati,  M.Ag membahas  mengenai  sejarah perkembangan sanad Qiro’at. menerangkan tentang awal mula pembelajaran Al-Qur’an pada zaman Rasulullah Saw, yaitu dengan metode Talaqi Mushofahah dan langsung berhadapan-hadapan dengan Rasulullah Saw. Kemudian dalam pembahasan Qiro’at bukan hanya membahas mengenai lagam atau dialek saja, namun perbedaan Qiro’at juga terdapat pada I’rab, Isim, Fi’il dan hal lainnya. Diketahui bahwa dalam membahas Ilmu Qiro’at tidak jauh dari perbedaan perdapat mengenai 7 huruf yang terdapat pada Al-Qur’an. Dan beliau menerangkan terkait macam-macam Qiro’at, sebagai berikut:

1. Shohih sanadnya ada 7 Qiro’at,

2. Qiro’at yang  mutawatir yaitu  ada  10  Qiro’at 

3. Qiro’at Syadzah yaitu terdapat 14 Qiro’at

Materi ke dua dilanjutkan dengan pembahasan Mengenal Ilmu Qiro’at dan mengenal Rasm Ustmani oleh pakar Qiro’at di Indonesia yaitu Dr. KH. Ahmad Fathoni, Lc., M.A. selaku Ketua Dewan Pengasuh Pesantren Takhassus IIQ.  Materi yang disampaikan  beliau,  telah  membuka  wawasan  baru  bagi  Mahasiswi  IQT  Unida  dalam pembahasan Ilmu Qiro’at dan Rasm Ustmani. Beliau berpendapat bahwa 99,9% masyarakat Indonesia mengetahui bahwa Mushaf yang mereka baca  saat ini  yaitu Mushaf Indonesia dengan Rasm Ustmani. Kebanyakan dari mereka belum memahami betul mengenai Rasm Ustmani itu sendiri. Disini lah beliau menjelaskan bahwa yang dimaksud Rasm itu adalah tulisan Arab bukan termasuk harokat atau tanda baca, dan banyak sekali beliau menjelaskan perbedaan Qiro’at di setiap negara.

Di akhir acara ditutup dengan pemberian cinderamata dari UNIDA kepada pihak IIQ, dan dilanjutkan dengan pemberian hadiah berupa buku-buku karya Dr. KH. Ahmad Fathoni, Lc., M.A. dan karya Dr. Hj. Romlah Widayati, M.Ag. dari pihak IIQ untuk UNIDA. Disela-sela itu ada harapan besar dari Dr. H. Muhammad Azizan Fritriana,M.A. selaku Direktur Program Pascasarjana  untuk  Mahasiswi  IQT  UNIDA  agar  berkenan  melanjutkan  studi  Program Pascasarjana di IIQ untuk memperdalam Ilmu Qira`at dan Rasm Utsmani. Hal ini menjadi sebuah optimis yang besar bagi Mahasiswi IQT dan disambut hangat oleh Mahasiswi IQT UNIDA.

Related News

Get Our Latest Update & Subscribe Newslater

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus.