Webinar Dauroh Qur’aniyyah Pembinaan Pentashihan Mushaf Al-Qur’an

IQT.unida.gontor.ac.id SIMAN – Webinar Dauroh Qur’aniyyah yang bertemakan “Pembinaan Pentashihan Mushaf al-Qur’an” bersama asatidz dan asatidzah tim lajnah pentashihan mushaf Al-qur’an pusat yang bekerjasama dengan Kementerian Agama part pertama telah diselenggarakan pada tanggal 17 September 2020 di Universitas Darussalam Gontor. Oleh karenanya, dari kegiatan ini mempunyai tujuan dengan harapan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengetahui sejarah maupun ilmu dalam pentashihan mushaf al-Qur’an.

Rentetan acara

Rentetan kegiatan Webinar ini dilaksanakan dalam 3 hari yaitu mulai hari Kamis, 17 September 2020 sampai Jum’at, 18 September 2020 dan kemudian dilanjutkan kembali pada hari Kamis, 24 September 2020.

Webinar Dauroh Qur'aniyyah Pembinaan Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
webinar part#1
Webinar Part Pertama

Dalam webinar kali ini, terdapat 10 pemateri yang menyampaikan materi terkait pentashihan mushaf al-Qur’an dengan pembagian sesi yang berbeda. Pada hari Kamis, 17 September 2020 terdapat 3 narasumber yang memaparkan materi yang berbeda yaitu Dr. H. Muchlis M. Hanafi, M.A. yang menyampaikan materi tentang “Kebijakan Pentashihan Mushaf Al-Quran di Indonesia” di sesi pertama. Pada sesi kedua, materi disampaikan oleh Mustofa, M.Si. yang memaparkan tentang “Sejarah dan Perkembangan Penerbitan Mushaf Al-Qur’an di Indonesia”. Selaku moderator yang dipandu oleh ustadz Ilham Habibullah, M.Ag, acara ini juga di iringi dengan diskusi interaktif antara narasumber dan juga peserta webinar sampai menjelang sholat dzuhur.

Kemudian setelah sholat, acara dilanjutkan kembali pada pukul 13.00 yaitu pada sesi ketiga dengan dipandu oleh Ustadz M. Faqih Nidzom, M.Ag. selaku moderator dengan Dr. H. Zaenal Arifin, M.A. sebagai narasumber yang menyampaikan materi tentang “Ilm Rasm dan Dabt; Teori dan Aplikasinya dalam Mushaf Standar Indonesia (MSI)” sampai menjelang waktu Sholat Ashar.

Adapun sebagai peserta, tentunya peserta dalam webinar kali ini lebih beragam dengan jumlah target 230-an peserta yang terdiri dari peserta Program Kaderisasi Ulama (PKU) angkatan 2020, mahasiswa program studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, dan anggota Zona al-Qur’an UNIDA Gontor yang hadir secara offline di Hall Lt.4 Gedung Utama baru Universitas Darussalam Gontor. Selain itu juga terdapat peserta yang hadir secara online dari berbagai instansi di Indonesia yang disiarkan secara live pada media akun youtube gontor.tv. (Pen.Izzuddin Ahmad F PAI 7/Ed.Husein)

Materi Dan PPT

Demikianlah acara pada webinar part#1, yang insyaAllah akan dilanjutkan pada webinar part#2 pada pertemuan mendatang tepat hari Kamis, 24 September 2020. Dan bagi teman-teman pembaca ataupun peserta webinar kiranya menghajatkan materi berupa ppt pemateri agar bisa melalui link sebagaimana berikut:

Mushaf Al-Qur’an Braille

Rumus Braille

Ilmu Rasm dan Dabt

Sejarah perkembangan Mushaf Al-Qur’an di Nusantara

Sistem Tanda Waqaf Mushaf Standart Indonesia (MSI)

Studia Islamika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *