Tracer Alumni

Metode kegiatan studi pelacakan

Pendataan Tracer Alumni dilakukan dengan membagikan selebaran angket untuk umpan balik terhadap pelaksanaan Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, selain itu juga dilakukan wawancara ringan terhadap beberapa alumni dan pengguna lulusan. Alumni yang menjadi target adalah mereka yang lulus dalam periode dua tahun terakhir.

Proses

Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner ke alumni yang menjadi target dan waktu pengumpulan kuesioner paling lambat 1 bulan 20 hari setelah hari penyebaran kuesioner. Waktu pelaksanaan Tracer dilakukan setiap semester. Penyebaran kuesioner dilakukan melalui surat elektronik (e-mail), pos atau diantar langsung ke alamat masing-masing serta melalui wawancara. Setelah kuesioner terkumpul kemudian dilakukan pengolahan data sesuai dengan perencanaan. Sejak akhir tahun 2016 dilakukan pemutakhiran pengisian tracer study yaitu melalui website http://alumni.unida.gontor.ac.id yang kemudian bisa langsung menjadi pelaporan hasil “Tracer Study”.

Proses sesuai dengan pedoman pelaksanaan tracer study di Fakultas Ushuluddin SK. No. 206/ ISID-FU / D-e /VII / 2016 tentang Panduan Pelaksanaan Tracer Study, bahwa setiap alumni setelah 2 tahun harus dilakukan tracer study, periode waktu tersebut sesuai dengan kondisi alumni. Proses dan mekanisme tracer study Program studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir melakukan tracer study dengan mengirimkan formulir setelah 3 bulan mahasiswa lulus. Form tracer study setelah diisi maka dikembalikan lagi ke program studi untuk ditabulasi terkait kebutuhan program studi dalam melakukan evaluasi. Data yang telah ditabulasi tersebut akan menjadi input berupa masukan terkait dengan proses kegiatan perkuliahan, kompetensi lulusan, dan outcome lulusan untuk perbaikan selanjutnya dalam bentuk rapat kerja, program kerja, peninjauan kurikulum, peninjauan SAP dan upaya lain yang dipandang mampu meningkatkan kualitan program studi IQT dalam mencapai Visi Misi dan Tujuan.

Pelacakan (tracer study) lulusan program studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir biasanya juga dilakukan bersamaan dengan acara halal bihalal dan reuni alumni maupun dalam kunjungan kerja fakultas dan program studi. Pada acara tersebut diundang para dosen, staf, pimpinan program, mahasiswa alumni dan pengguna lulusan (stakeholder). Pada awal acara dilakukan pendataan ulang dan dibagikan selebaran angket untuk umpan balik terhadap pelaksanaan Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir.

Mekanisme

Data tracer study diperoleh dari data base regristrasi yudisium dan wisuda. Data yang telah diisi oleh alumni, dikembalikan lagi ke  Fakultas untuk dilakukan  pentabulasian data, analisa. Data hasil tracer study akan dijadikan salah satu input dalam evaluasi kinerja prodi, dan kegiatan peninjauan kurikulum serta kompetensi alumni, form tracer study meliputi :

  1. Informasi umum
  2. Informasi Khusus
  3. Kepercayaan diri
  4. Soft skill, kriteria yang inginkan dari lulusan Program studi
  5. Materi keilmuan yang anda  perlu ditingkatkan dari lulusan PS
  6. Masukan   yang   ingin   di   sampaikan   kepada   PS   untuk peningkatan mutu lulusan
  7. Masa tunggu mendapatkan pekerjaan
  8. Kesesuaian pekerjaan dengan bidang pendidikan
  9. Relevansi keterampilan/ilmu yang didapat di bangku perkuliahan dengan kebutuhan di tempat kerja
  10. Salary yang didapat

Evaluasi pelacakan alumni dilakukan dalam rangka :

  1. Update data alumni program;
  2. Memperoleh masukan bagi perbaikan dan pengembangan Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir;
  3. Membantu pendanaan universitas;
  4. Penempatan kerja bagi para lulusan;
  5. Memperluas jejaring program studi.
Tracer Alumni
Alumni UNIDA Gontor yang menjadi Jurnalis