Tafsir Sains

SEJARAH SINGKAT

Sesuai  dengan  kekhasan  Universitas  Darussalam  Gontor  dalam Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer dan visi misi Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang mengikuti perkembangan zaman maka lahirlah komitmen bersama untuk mengembangkan TAFSIR SAINS di lingkungan UNIDA Gontor.

Tafsir Sains

Islamisasi  UNIDA Gontor mengarah kepada konsep  Worldview  Islam  dan bertumpu kepada kekuatan Filsafat Ilmu dan Islam, sehingga Tafsir Sains yang dicanangkan oleh Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UNIDA Gontor sangat bernuansa filosofis selain tentunya bernuansa Qur’ani, karena semuanya merujuk kepada Kitabullah. Maka jika Program Studi Akidah dan Filsafat Islam (AFI) merupakan The Mother of Science maka Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir merupakan The Father of Science di lingkungan UNIDA Gontor.  Untuk itu beberapa elemen civitas akademika Program Studi IQT UNIDA Gontor terutama dosen, berkolaborasi dengan para dosen pakar di bidang Filsafat, Kalam dan ahli Tafsir Sains.

DESKRIPSI SINGKAT TENTANG TAFSIR SAINS

Tafsir Sains yang dimaksud menyesuiakan dengan standar kemampuan strata satu  (S1),  untuk  itu  Tafsir Sains  Program  Studi  Ilmu  Al-Qur’an  UNIDA Gontor adalah Tafsir yang menggunakan pendekatan tematik untuk melahirkan embrional konsep   Al-Qur’an   dan   Sains   dalam   Tri   Dharma   Perguruan   Tinggi   dengan menekankan kepada pengusaan Ulumul Qur’an dan Tafsir sebagai teori dasar.

Tafsir Sains

Sains yang dimaksud meliputi tiga komponen, yaitu Sains Natural (alam), Sains Sosial dan Sains Humaniora yang tentunya mengikuti perkembangan isu-isu kontemporer (Qadhaya Mu’asyiroh)