Seminar Tahunan, Bekal Pengetahuan Dan Wawasan Guru guru Gontor

Selain dari perkuliahan di sore hari dan malam hari, para dewan guru Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) selalu dibekali dengan banyak wawasan dari berbagai macam kegiatan. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan seminar. Seminar ini dinamakan “Seminar Akhir Tahun”, karena diadakan bertepatan dengan penghujung tahun 2020. Selain berguna untuk menambah bekal pengetahuan dan wawasan para guru, acara ini juga bertujuan untuk mengisi kekosongan dewan guru di tengah acara Laporan Pertangung Jawaban (LPJ) Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) dan Koordinator Gerakan Pramuka (KGP), yang lebih diutamakan untuk para santri.

“Tujuan diadakannya seminar akhir tahun ini adalah untuk menambah bekal pengetahuan dan wawasan para guru, agar lebih banyak mengetahui beberapa ilmu pengetahuan dan juga untuk mengisi waktu kosong para guru di tengah acara LPJ.” Ujar Al-Ustadz Ali Asghor Al-Husein, selaku ketua Dewan Mahasiswa (Dema) Universitas Darussalam (Unida) Gontor Kampus Gontor.

Seminar Akhir Tahun untuk para dewan guru KMI ini berjalan selama 3 hari, dimulai dari hari Senin (28/12) sampai hari Rabu (30/12). Materi yang disampaikan pun beraneka ragam, dan terdiri dari 4 kali pertemuan; yaitu pada hari Senin (28/12) malam dengan pembicara Al-Ustadz Dr. H. Azmi Syukri Zarkasyi, M.A. yang membawakan materi “Kuliah Di Madinah”, hari Selasa (29/30) pagi dengan pembicara Al-Ustadz Dr. H. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, M.A. yang membawakan materi “Bahasa Arab Fushah dan Pasaran di Timur Tengah”, lalu malam harinya bersama Al-Ustadz Dr. H. M. Kholid Muslih, M.A. yang membawakan materi “Konsep Peradaban Menurut Malik bin Nabi”, dan kemudian ditutup dengan esok harinya pada hari Rabu (30/12) pagi dengan materi “Peran Ekonomi Islam dalam Islamisasi Ilmu Pengetahuan” bersama Al-Ustadz Dr. H. Khoirul Umam, M.Ec.

Seminar ini diselenggarakan di bawah naungan staf Dema yang sekaligus menjadi panitianya, dibantu dengan beberapa mahasiswa guru yang menjadi petugas acara. Pembicara berikut materi yang disampaikan pun merupakan hasil musyawarah dari staf Dema, dengan arahan dan persetujuan dari bapak Pimpinan Pondok serta menyesuaikan dengan bidang yang dikuasai oleh masing-masing pembicara. Peserta seminar pun berkisar dari mahasiswa aktif Unida kampus Gontor yang juga berstatus sebagai guru pengabdian, dengan jumlah 300 orang.

Bapak Pimpinan Pondok juga menyampaikan agar para guru turut hadir mengikuti LPJ OPPM-KGP di akhir acara tersebut, karena acara LPJ juga merupakan salah satu kegiatan pondok yang penting dan merupakan salah satu kurikulum pendidikan santri khususnya dalam berorganisasi.Ad-diien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *