Do’a dan Rahasia Cepat Dikabulkannya

Mungkin kita selalu merasa bahwa Do’a yang selalu kita panjatkan kepada Allah SWT itu belum ada yang terjawab walaupun sering kali kita ucap, bahkan terkadang kita pesimis dengan apa yang selalu kita minta namun Allah SWT masih saja belum mengabulkan, lalu apa yang membuat doa-doa yang kita panjatkan tidak berujung dengan jawaban yang cepat?…

Ingat, jangan pernah berfikir jika Allah mengabaikan semua doa-doa kita, apalagi sampai berfikir untuk menduakan-Nya. Na’udzubillah. Mungkin ada sebab-sebab yang menyebabkan doa-doa kita masih belum Allah SWT ijabah.

Inilah Rahasia Do’a Cepat Dikabulkannya
iqt.unida.gontor.ac.id

Percayalah bahwa Allah SWT hanyalah satu-satunya Tuhan yang Maha Esa. Jika kepercayaan kita mulai goyah, percayalah bahwa Allah SWT sedang mendengarkan dan mengumpulkan doa-doa kita sampai datang waktu terbaik yang Allah SWT pilihkan untuk kita. Namun, jika merasa belum dikabulkan, disitulah Allah mengajarkan kita untuk tetap bersabar.  Maka bersabarlah.

Dalil Hadist

Dalam hadits Arbain yang ke-10 menjelaskan bahwa :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ اللهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّباً، وَإِنَّ اللهَ أَمَرَ المُؤْمِنِيْنَ بِمَا أَمَرَ بِهِ المُرْسَلِيْنَ فَقَالَ {يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوْا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا} وَقَالَ تَعَالَى {يَا أَيُّهَا الذِّيْنَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ} ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيْلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ: يَا رَبِّ يَا رَبِّ، وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌوَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِيَ بِالحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لَهُ. رَوَاهُ مُسْلِم.

Dari Abu Hurairah r.a, dia berkata : Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya Allah SWT  itu Maha Baik, tidak menerima sesuatu kecuali yang baik dan sesungguhnya Allah SWT memerintahkan kepada orang-orang mukmin apa yang diperintahkan-Nyakepada para utusan-Nya. Allah SWT berfirman, {“Hai para Rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amalan yang shalih”}. Demikian pula Dia (Allah SWT) berfirman,{“Hai orang-orang yang beriman, makanlah dari rezeki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu”}. Kemudia beliau menceritakan tentang seseorang yang telah lama bepergian, rambutnya kusut dan badannya penuh debu, dia menadahkan tangannya ke langit, seraya berdoa, “Ya Rabbi, Ya Rabbi…”, padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan perutnya  di isi dengan makanan yang haram. Maka, bagaimana mungkin doanya dapat dikabulkan?”.

Dari hadits diatas sudah jelas, bahwa hal-hal yang bersifat haram dapat menghambat doa kita kepada Allah SWT. Baik dari segi makanan, minuman, pakaian bahkan segala sesuatu yang kita kenakan yang bersifat haram itu dapat berdampak buruk untuk doa kita. Na’udzubillah. Haram disini bukan hanya untuk segala sesuatu yang sudah di pastikan keharamannya dalam Al-Qur’an, akan tetapi hal-hal yang bersifat syubhat pun juga dapat menghambat doa kita, karena ketika kita menggunakan hal-hal yang syubhat yang kita tidak tahu darimana dasar dan asalnya, namun kita tetap memakan atau menggunakannya tanpa mencari tahu dan menunggu si pemilik, apakah itu tidak menjadi hal yang haram ? berhati-hatilah jika doamu ingin segara dikabulkan.

Inilah Rahasia Do’a Cepat Dikabulkannya
unida.gontor.ac.id

Rahasia Do’a

Lalu, apa saja rahasia cepat dikabulkannya doa oleh Allah SWT?…

Pertama, kita perlu mencari waktu yang mustajab untuk berdoa. Mungkin waktu mustajab untuk berdoa itu Allah SWT sediakan begitu banyak, seperti berdoa ketika sepertiga malam terakhir, hari Arafah, saat bulan Ramadhan dan banyak lagi. Namun, di hadits yang sudah dijelaskan diatas, waktu mustajabnya do’a itu ada ketika kita dalam perjalanan jauh. Mengapa? Karena didalam hadits Imam Bukhari no. 1804 dan Imam Muslim no. 1977, Rosulullah SAW bersabda bahwa safar adalah bagian dari adzab (siksaan). Kondisi inilah yang kadang selalu membuat hati itu pasrah dengan apa yang akan terjadi, sehingga kepasrahan hati inilah yang membuat doa-doa kita mudah untuk diijabah.

Kedua, sebelum kita mau melakukan doa, alangkah baiknya jika kita menghadap kiblat dan mengangkat tangan, karena ini menjadi adab-adab ketika kita berdoa. Dan ini bisa menjadi ijtihad kita dalam berdoa, seberapa sungguh-sungguh kita berdoa kepada Allah SWT. Perlu diketahui bahwasanya hal ini merupakan rahasia kedua agar doa kita cepat kabulkan Allah SWT.

Ketiga, menjaga suara dan tidak berteriak-teriak. Allah SWT mengetahui apa yang kita inginkan, tanpa diucapkan pun Allah SWT mengetahuinya. Jadi jangan pernah berdoa seolah-olah kita memaksa Allah SWT untuk mengabulkannya, karena Allah SWT lebih tahu waktu yang tepat untuk mengabulkan do’a kita. Allah SWT itu baik dan mencinta hal-hal yang baik. Jika kita berdoa samai mengganggu tetangga atau orang yang disamping kita, apakah itu termasuk hal yang baik?…

Keempat, ketika kita berdoa, berdoalah dengan khusyu’, rendah hati, dan penuh harap agar Allah SWT segera mengabulkan doa-doa kita. Karena didalam QS. Al-Anbiya’ ayat 90, Allah SWT berfirman :

فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَوَهَبْنَا لَهُ يَحْيَىٰ وَأَصْلَحْنَا لَهُ زَوْجَهُ ۚ إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَيَدْعُونَنَا رَغَبًا وَرَهَبًا ۖ وَكَانُوا لَنَا خَاشِعِينَ

“Maka Kami memperkenankan doanya, dan Kami anugerahkan kepada nya Yahya dan Kami jadikan isterinya dapat mengandung. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada kami”.

Renungan

Wahai saudaraku, itulah rahasia cepat terkabulnya sebuah do’a. Jika kita memiliki kesempatan untuk mendapatkan waktu-waktu mustajab untuk doa, jangan pernah disia-siakan, gunakan untuk selalu beristighfar agar dosa-dosa diampuni dan doa-doa segera dikabulkan. Mohonlah pada Allah SWT agar dimudahkan dalam urusan dunia maupun akhirat, juga jangan lupa doakan atas kebaikan diri, kebaikan orang tua, keluarga, kerabat, juga semua ummat Muslim di dunia. Tetapi ingatlah, meskipun kita mendapatkan waktu-waktu mustajab itu namun kita masih menggunakan hal-hal yang AllahSWT haramkan, maka tidak akan mustahil juka Allah SWT tidak akan pernah mengabulkan semua doa-doa yng kita panjatkan sebelum kita bertaubat.

Semoga bermanfaat. Dan semoga Allah SWT selalu memberikan apa yang kita inginkan ataupun yang kita butuhkan di dunia maupun di akhirat kelak. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *