PEMBUKAAN KKN (KULIAH KERJA NYATA) 2020

Mantingan – Mahasiswi semester 7 Universitas Darussalam Gontor kampus putri mengikuti Pembukaan KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada Sabtu 18/072020. Acara ini mendapat arahan dan bimbingan dari bapak dekan Kulliyatul Banat al-Ustadz Dr. Nur Hadi Ihsan, MIRKH

PEMBUKAAN KKN (KULIAH KERJA NYATA) 2020

Pada kesempatan tersebut dijelaskan bahwa semester 7 sebagai pelaksana kegiatan Kuliah Kerja Nyata merupakan teladan, model, serta wujud maksimal dari kampus yang bertugas sebagai pengemban amanah, tanggung jawab serta ketentuan dan peraturan universitas selama masa pandemi covid-19.

Pelaksanaan KKN

Adapun pelaksanaan KKN kali ini tidaklah sama dengan biasanya dikarenakan kondisi yang kurang memungkinkan untuk bekerja di lapangan bersama masyarakat sekitar demi kesehatan dan keselamatan seluruh pihak. Namun dengan adanya wabah yang melanda tersebut tidaklah menjadikan upaya mereka surut.

Justru dengan terbatasnya keadaan mereka diharap mampu berinovasi dan mengembangkan kreatifitas. Sehingga secara praktis kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dapat meliputi sosialisasi penanggulangan coronavirus disease serta penanganannya dalam lingkup kampus. Hal ini dapat dijadikan sebuah percontohan kampus tangguh selain adanya kota tangguh dan sekolah tangguh di lain tempat.

Upaya yang dilakukan pihak kampus bersama dengan mahasiswi semester 7 ini tidak terlepas dari pengawasan yang ketat, sikap waspada, serta tawakkal atas ketetapan Allah. Sebagaimana termaktub dalam ayat:  

قُلْ لَنْ يُصِيبَنَا إِلَّا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَنَا هُوَ مَوْلَانَا ۚ وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal”. (QS. At-Taubah (9): 51)

Meskipun dalam suasana pandemi covid-19 suplai nutrisi tidak hanya asupan vitamin dan makanan bergizi saja yang diperhatikan namun juga aktivitas akademik seperti kajian-kajian terkait akan tetap dijalankan demi menyuplai nutrisi fisik maupun non fisik. Karena didalam jiwa yang kuat terdapat mental yang kuat. Seluruh kegiatan tersebut direncanakan secara matang melalui majelis pembimbing sehingga tidak keluar dari apa yang hendak dicapai.

Kemudian diaplikasikan secara langsung berdasar diskusi bersama dan diakhiri dengan penulisan laporan yang berupa karya ilmiah sesuai prodi masing-masing dan akan dinilai guna menjamin kualitas dan tanggung jawab mahasiswi. Inilah yang menjadi keunikan tersendiri pada pembukaan KKN kali ini. Meskipun demikian kegiatan ini tidaklah luput dari visi misi, bahkan menghasilkan suatu kreatifitas yang sebelumnya belum dilaksanakan di kampus lain.

Akhir kata, semoga kesehatan dan keselamatan selalu mengiringi langkah kita semua dengan penguatan nutrisi fisik dan non-fisik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *