Mengenal Muhammad Abdel Haleem, sosok di balik Journal of Qur’anic Studies

Muhammad Abdel Haleem Sa’id adalah seorang professor di School of Oriental and African Studies (SOAS) di Universitas London dan penggagas Journal of Qur’anic Studies. Ia menjabat sebagai editor pada jurnal internasional tersebut sejak diterbitkan oleh Edinburgh University Press pada tahun 1999. Atas jasa-jasanya pada budaya dan sastra Arab, ia mendapatkan Bintang Kekaisaran Britania Raya dari Ratu Elizabet kedua pada tahun 2008.

Mengenal Muhammad Abdel Haleem, sosok di balik Journal of Qur’anic Studies

Seorang hafidz al-Qur’an ini lahir pada tahun 1930-an di distrik Asadiyyah, Abu Hammad, Propinsi Syarqiyyah, Mesir. Bapaknya, Syeikh Muhammad Sa’id adalah seorang ulama Azhar yang cukup terpandang di daerahnya.

Ketika umurnya baru lima tahun Muhammad Abdel Haleem kecil ikut halaqah al-Qur’an sampai menuntaskan hafalan al-Qur’an. Setelah menyelesaikan program pendidikan menengahnya di Ma’had Diny Azhari, ia masuk di Darul ‘Ulum, Universitas Kairo dan lulus S1 pada tahun 1960. Setahun setelahnya, ia berangkat ke Inggris untuk belajar sastra di Universitas Cambridge sampai mendapatkan gelar doktor. Pada tahun 1965 ia diminta untuk mengajar bahasa Arab di universitas tersebut selama lima tahun kemudian dipindahtugaskan untuk mengajar di Universitas London sampai sekarang.

Setelah puluhan tahun mengajar sastra Arab di dua universitas ternama dunia tersebut, ia memutuskan untuk merubah kepakarannya ke bidang studi al-Quran. Keputusan ini ia ambil karena melihat betapa banyak pendapat yang salah mengenai al-Qur’an. Sebagai seorang Muslim dan hafidz al-Qur’an, ia merasa lebih baik untuk menyampaikan kebenaran mengenai al-Qur’an dengan tekun menulis dan mengajarkan kajian al-Qur’an di kampus. Telah banyak artikel jurnal internasional yang telah beliau tulis, di samping beberapa buku mengenai al-Qur’an, termasuk terjemahan al-Qur’an ke dalam bahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *