PROGRAM STUDI ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR

Bermutu dan Berarti dalam Pengembangan Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer untuk Kesejahteraan Umat

DESKRIPSI MATA KULIAH

 

  1. Mata Kuliah Muatan Universitas (Islam dan Umum)

IQT122209  Bahasa Arab  Istima’ wa al-Kalaam      2 (2-0)

Mata kuliah ini membantu siswa memahami kata-kata Arab dengan berbagai bentuknya.Dimulai dari mendengarkan kalimat-kalimat Arab, baik dalam berita, cerita, dll. kemudian diambil kata-kata yang penting dan dihafalkan, sehingga dapat digunakan dalam menulis dan berbicara. Dengan ditambahkan pembelajaran tentang kaidah penulisan kalimat arab, sehingga kemampuan memahami tulisan maupun audio berbahasa arab.

IQT122210  Bahasa Inggris Listening and Reading  2 (2-0)

Mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami bahasa Inggris, lewat pembelajaran melalui Audio, berita dan cerita, kemudian diambil kata-kata yang penting dan dihafalkan untuk membantu memperkaya kosa kata dan memudahkan dalam berbicara bahasa Inggris. Jika sudah terbiasa mengucapkan dan mendengarkan bahasa Inggris diharapkan memudahkan dalam memahami bahasa tersebut,Yang merupakan pengembangan dari “Part of Speech” yang telah diketahui oleh para mahasiswa.

IQT12111  Pancasila   2 (2-0)

Mata kuliah ini membahas tentang landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Pancasila dalam kajian sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai ideologi negara, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu, Pancasila sebagai sistem etika, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan Republik Indonesia, dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam masyarakat berbangsa dan bernegara. Mata kuliah ini termasuk kelompok mata kuliah kelompok dasar umum, sebagai komponen institut dan menjadi mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa.

IQT12113  Bahasa Indonesia 2 (2-0)

Mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan Mata kuliah pembentuk karakter dan tata Bahasa dalam membuat karya ilmiah, skripsi, teks pidato, dan analisis teks. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menggunakan bahasa Indonesia, baik dalam percakapan maupun tulisan dengan baik dan benar.

IQT12224  Worldview Islam Aqidah 2 (2-0)

Mata kuliah ini dirancang untuk membentuk Aqidah Fikriyah mahasiswa dengan membekali mereka kerangka berpikir dan cara pandang yang benar dalam melihat seluruh realitas wujud berdasarkan konsep-konsep kunci dalam ajaran Islam. Yaitu dengan memahami pengertian worldview dan pengaruhnya dalam membentuk pola pikir, sikap dan tingkah laku seseorang, serta konsep-konsep kunci dalam Islam yang meliputi konsep agama, Tuhan, wahyu, nabi, af’al al-ibad (manusia), alam, dan eskatologi serta perbandingan Islam dengan agama-agama lain.

IQT111218  Tahfidz Juz 29     1 (1-0)

Mata kuliah ini berupa program hafalan khusus mahasiswa semester 1 dan 2. Diharapkan mahasiswa mampu menghafal juz 29 yang terdiri dari 11 surat. Dimulai dari surah Al-Mulk kemudian surah Al-Qalam, Al-Hāqqah, Al-Ma’ārij, Nūh, Al-Jinn,

Al-Muzzammil, Al-Mudassir, Al-Qiyamah, Al-Insan, dan diakhiri surah Al-Mursalat.

IQT122225  Filsafat Umum    2 (2-0)

Mata kuliah ini menjelaskan tentang urgensi filsafat bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Filsafat sebagai obyek penelitian pada posisinya as a science, as a method of thought an as a way of life. Pengertian Filsafat adalah satu bidang yang berupaya menjelaskan proses pengetahuan. Adapun sasaran kajian filsafat adalah pola pikir manusia, dan pola pikir itu yang pada kenyataannya menentukan sikap dan perilaku manusia.

IQT122229  Fiqhus Siroh        2 (2-0)

Mata kuliah ini mengajarkan tentang pemahaman, interpretasi dan penghayatan terhadap biografi Nabi Muhammad SAW dalam berbagai aspek kehidupan, seperti akhlak, sosial, ekonomi, hukum, pendidikan, kebudayaan dan sebagainya. Diharapkan mahasiswa/I mampu memahami, menginterpretasi dan menghayati biografi Nabi Muhammad SAW serta mengambil hikmah yang akan menjadi pegangan hidup manusia.

IQT111342  Ilmu Tafsir           2 (2-0)

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang dasar penafsiran al-Qur’an, yaitu penjelasan tentang ilmu-ilmu dalam penafsiran al-Qur’an dari segi dasar dalam menafsirkan al-Qur’an, cara dan metode, serta sejarah perkembangan penafsiran al-Qur’an dari masa Rasulullah hingga masa Kontemporer. Sehingga diharapkan dapat memudahkan dalam mencari penafsiran yang sesuai dengan keadaan masyarakatdan dapat menghadirkan problem solving ditengah-tengah masyarakat sesuai dengan pedoman al-Qur’an.

IQT12226  Ulum Al-Qur’an    2 (2-0)

Mata kuliah ini mempelajari tentang pengertian kitab suci Al-Qur’an, ilmu-ilmu al-Qur’an, sejarah al-Qur’an, serta kelebihan-kelebihan yang menandakan akan keagungan al-Qur’an, sehingga dengan ilmu-ilmu yang terkandung di dalamnya akan lebih terarah pemahaman tentang al-Qur’an yang benar, serta menjadikanya dasar ilmu untuk mengkaji berbagai ilmu yang timbul dari al-Qur’an.

IQT222246  Bahasa Arab al-Qira`ah wal Kitabah    2 (2-0)

Mata kuliah al-Qira`ah wal Al-Kitabah Ar-Rasyidah bertujuan meningkatkan pemahaman dalam membaca teks arab serta dapat menyusunnya dalam bentuk kalimat. Dengan dibekali metode dalam penulisan arab, sehingga akan tercapai tujuan dari materi ini yaitu menyusun kata dan merangkainya menjadi kalimat sempurna.

IQT222247  Bahasa Inggris writing and speaking    2 (2-0)

Mata pelajaran ini merupakan titik utama kurikulum yang mendukung mata pelajaran lain. Tujuannya adalah untuk memahami dengan baik prinsip dasar bahasa Inggris serta fiturnya. Subjek terdiri dari sudut idiom, struktur, kalimat, pengayaan glosarium, istilah, dan kosa kata. Pada akhir kuliah para siswa diharapkan akrab dengan dunia bahasa Inggris, khususnya kemampuan untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam menggunakan bahasa Inggris sebagai media pembelajaran di tingkat universitas.

IQT22112  Pendidikan Kewarganegaraan    2 (2-0)

Pendidikan Kewarganegaraan sebagai kelompok Mata kuliah Institusional berfungsi sebagai orientasi mahasiswa dalam memantapkan wawasan dan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi, kesadaran hukum, penghargaan atas keragaman dan partisipasinya membangun bangsa berdasar Pancasila. Sesuai dengan fungsinya, Pendidikan Kewarganegaraan menyelenggarakan pendidikan kebangsaan, demokrasi, hukum, multikultural dan kewarganegaraan bagi mahasiswa guna mendukung terwujudnya warga negara yang sadar akan hak dan kewajiban, serta cerdas, terampil dan berkarakter sehingga dapat diandalkan untuk membangun bangsa.

IQT22225  Worldview Islam Syariah 2 (2-0)

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pandangan mengenai Islam sebagai syariah dan akhlak yang membentuk sistem ibadah, etika, dan hukum. Yaitu dengan memahami pengertian syariah dan konsep tasyri’, konsep ibadah, akhlak, dan hubungan ibadah dengan akhlak, konsep hukum dan maqashid syari’ah, dan pandangan Islam tentang HAM.

IQT22279  Ushul Fiqh 2 (2-0)

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, objek, tujuan, ruang lingkup (sistematika) Ushul fiqh dan mengerti perbedaannya dengan Fiqh. Dengan landasan teori ushul dalam penetapan hukum sehingaa diharapkan Mahasiswa mampu mendesain materi Ushul Fiqh dengan menggunakan konsep deskriptif, analisis maupun semantik.

IQT22227  Ulumul Hadits       2 (2-0)

Mata kuliah Ulumul Hadis merupakan mata kuliah yang mempelajari berbagai pembahasan di seputar Hadis (ucapan, perbuatan dan ketetapan Rasulullah Saw.), terkait dengan keabsahannya, otoritas perawinya, sebab-sebab kemunculan (wurud)-nya sejarah dan perkembangannya serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Mata kuliah ini bersifat interkonektif dan integratif dengan sejumlah mata kuliah keahlian dan pendukung keilmuan Islam. Mata kuliah ini diberikan sebagai dasar bagi pengembangan kemampuan intelektual individu mahasiswa/mahasiswi agar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang memadai dalam hal-hal terkait Rasulullah Saw. sehingga dapat menjadi pribadi yang berkarakter, percaya diri, mampu berkompetisi dan santun. Diharapkan Mahasiswa mampu memahami bentuk, metode dan proses periwayatan hadis baik dari segi sanad juga matannya, juga mengetahui bagaimana otensitas suatu hadis dengan mempelajari ilmu-ilmu hadis ini.

IQT212223  Ilmu Kalam          2 (2-0)

Mata kuliah ini membahas tentang aliran-aliran ilmu kalam untuk memberikan masukan bagi mahasiswa agar tidak memiliki pemahaman ajaran agama yang keliru seperti yang dipahami oleh beberapa tokoh pengikut aliran-aliran tersebut. Dalam memberikan pemahaman yang benar kepada para mahasiswa maka akan disajikan pendapat-pendapat para ulama yang berdasarkan kepada al-Qur’an dan Hadits yang shahih dan tidak hanya berdasarkan akal semata. Dengan demikian, mata kuliah ini merupakan bagian penting dari proses pengembangan mahasiswa menjadi ilmuwan, dan dalam menjalankan aktivitas ilmiah. Secara praktis, mata kuliah ini memberikan kecakapan kepada mahasiswa untuk menggunakan pijakan atau perspektif dalam “membaca” ataupun “mencipta” karya ilmiah.

IQT222224  Ilmu Tasawuf      2 (2-0)

Matakuliah ini mendiskusikan tentang tradisi intelektual dan spiritual dalam Islam (tasawwuf) melalui studi tentang sumber-sumbernya dalam Al-Qur’an, hadits, dan kehidupan sahabat nabi; periode formatif; dan pengembangan lebih lanjut dalam perjalanan sejarahnya. Maka, mata kuliah Ini akan memberikan perhatian khusus pada pemikiran (ajaran dan praktik) tokoh sufi dengan meneliti karya-karya mereka dalam tradisi ini. Untuk itu, studi tentang sumber-sumber utama serta membaca tentang penelitian dan pekerjaan yang dilakukan pada mereka akan secara signifikan diberikan prioritas dalam subjek ini.

IQT22237  Nushus Qur’an     2 (2-0)

Mata kuliah Nushush Quraniyah merupakan pembahasan yang memaparkan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat yang ditafsirkan atau mengkaji nash Al-Qur’an, serta menerangkan makna-makna yang tercakup di dalamnya. Mengkaji ayat-ayat Al-Qur’an dari segala segi dan maknanya, menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an, ayat demi ayat dan surat demi surat, sesuai dengan urutan dalam mushaf Utsmany. Kemudian menguraikan kosa kata dan lafadz, menjelaskan arti yang dikehendaki, sasaran yang dituju dan kandungan ayat, yaitu unsur i’jaz, balaghah dan keindahan susunan kalimat, menjelaskan apa yang diistinbathkan dari ayat, yaitu hukum fikih, dalil syar’i, arti secara bahasa, norma-norma akhlak, aqidah atau tauhid, perintah, larangan, janji, ancaman, haqiqat, majaz, kinayah, dan isti’arah. Di samping itu juga mengemukakan kaitan antara ayat-ayat dan relevansinya dengan surat sebelum dan sesudahnya. Mata kuliah ini bersifat interkonektif dan integratif dengan sejumlah mata kuliah keahlian dan pendukung keilmuan Islam.

IQT211350  Marahilu At- Tafsir         2 (2-0)

Mata kuliah ini menjelaskan perkembangan penafsiran al-Qur’an dari awal diturunkanya al-Qur’an hingga masa kini.Dengan meninjau waktu dan bentuk penafsiran, maka dapat diperoleh pengetahuan tentang keunikan sebuah penafsiran dari masa masa.Sehingga diketahui keilmuan yang menonjol dalam sebuah penafsiran yang dibawa oleh masing-masing mufassir dari zaman ke zaman.

IQT322212  Bahasa Arab li Aghrad Khosoh 2 (2-0)

Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari pemhaman Bahasa Arab dari mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis teks arab. Namun pada mata kuliah ini lebih dikhususkan pada suatu kasus, baik dalam bentuk cerita, berita dll. Sehingga materi-materi bahasa arab yang telah dipelajari dapat digunakan. Serta memahami metafora mental dan retorika dalam atribusi metaforis dan untuk mengetahui metode metaforis dan rahasia retoris di dalamnya.

IQT322217  Bahasa Inggris ForAcademic Purpose  2 (2-0)

English for Academic Purposes is the use of a particular variety of the language in a specific context of use. This Subject is considered as the general subject for the student in this department. This subject is also among the main point of curriculum which supporting the subject. The aim of study is to understand well the basic principle English as well as its features. The subject consists of the point of idioms, structure, sentences, enrichment of glossaries, term and vocabularies related to their major. At the end of class, student should be familiar with the English words, particularly an ability to develop their skill in using language in University level.

IQT311219  Tahfidz Juz 1       1(1-0)

Mata kuliah ini berupa program hafalan khusus mahasiswa semester 3 dan 4.

Diharapkan mahasiswa mampu menghafal juz 1 surat al-Baqarah yang dimulai dari ayat

1-141 beserta ayat-ayat pilihan.

IQT322520  Kepondokmodernan     2 (2-0)

Mata kuliah ini menjelaskan tentang kepesantrenan dari pengenalan pondok pesantren sampai pada manajemen pondok pesantren : manajemen strategic pondok pesantren dan manajemen berbasis pondok pesantren. Disamping itu Mata kuliah ini menjelaskan tentang kepondok modernan, Nilai, Falsafah, Visi, Misi, dan Tujuan Pondok Modern Gontor.Diharapkan mahasiswa dapat memahami dan merealisisasikan nilai yg terdapat pada jiwa kepesantrenan/kepondokmoderanan.

IQT322226  Filsafat Islam       2 (2-0)

Mata kuliah ini menjelaskan tentang Hakikat Filsafat Islam: Artikulasi, Objektivitas, Metode, Kegunaan dan Hubungannya dengan Filsafat Yunani, dan mempelajari pemikiran tokoh-tokoh filsafat Islam. Diharapkan Mahasiswa mampu menguraikan hakikat ilmu dan dasar-dasar pengembangannya dari sudut pandang kefilsafatan.

IQT311351  Manahijul Mufassirin Al-Qodim           2 (2-0)

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang metode-metode penafsiran al-Qur’an yang ditinjau dari mufassir dan kitab tafsirnya dimasa awal penyebaran Islam di zaman sahabat, Tabi’in dan Tadwin, untuk diketahui kategori penafsiranya, cara penulisan tafsirnya, hingga ilmu yang dominan dalam penafsiranya, sehingga dapat diketahui tafsir yang tepat untuk dijadikan penelitian sesuai dengan bidang keahlian dan corak tafsir serta sumber penafsiranya.

IQT311253 Nushush Hadits   2 (2-0)

Mata kuliah ini merupakan pendukung pemahaman mahasiswa terhadap teks-teks hadis, khususnya Fakultas Ushuluddin agar mampu mengembangkan kemampuan akademisnya dalam bidang hadis. Kemudian mata kuliah Nushush Hadits ini adalah pembahasan yang memaparkan segala aspek yang terkandung dalam hadis dengan menjelaskan makna kosa kata dan kalimat pada suatu hadis, Kemudian menguraikan kosa kata dan lafadz, menjelaskan arti yang dikehendaki, sasaran yang dituju dan kandungan, keindahan susunan kalimat menghubungkan dengan nash-nash baik itu dengan Al-Qur’an maupun dengan hadis-hadis lainnya dengan merujuk pada asbabul wurud. Mata kuliah ini bersifat interkonektif dan integratif dengan sejumlah mata kuliah keahlian dan pendukung keilmuan Islam.

IQT311340  Asbabu Nuzul     2 (2-0)

Mata kuliah ini mengajarkan tentang sebab-sebab yang mengikuti diturunkannya ayat al-Qur’an, agar diketahui keadaan sosio historis dari ayat-ayat al-Qur’an yang diturunkan di sebuah peristiwa tertentu, sehingga dapat dijadikan bahan penelitian dan problem solving dalam memahami ayat-ayat al-Qur’an.

IQT31228  Balaghah Qur’aniyah       2 (2-0)

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang keindahan al-Qur’an dari sisi bahasanya, bentuk susunan kata, pengulangan kalimat, hingga penggunaan perumpamaan dalam memberikan petunjuk dan peringatan, diharapkan dengan ilmu ini dapat digunakan untuk penelitian dan pedoman dasar dalam memahami pesan dalam ayat-ayat al-Qur’an.

IQT311369  Dirasatu Al-Tafsir Al-Maudhu’I 2 (2-0)

Pada Mata kuliah ini mahasiswa belajar menafsirkan al-Qur’an dengan metode tematik, dengan langkah-langkah yang konkrit dan sistematis, yaitu dengan pengelompokan ayat sesuai bidang keilmuan, kata tertentu dalam al-Qur’an, kajian soial dll.sehingga dapat dijadikan metode dalam penelitian, dan dapat digunakan untuk dijadikan problem solving. Dengan pembahasan yang sesuai dengan tema dan kebutuhan keilmuan serta keadaan sosial.

IQT422211 Sejarah Peradaban Islam            3 (2-1)

Mata kuliah ini menjelaskan tentang Sejarah Peradaban Islam. Mata kuliah ini merupakan salah satu disiplin keilmuan yang telah tumbuh dan berkembang di antara tradisi kajian keislaman yang lain seperti Tafsir, Hadits, Fiqih, Tasawuf dan Filsafat. Secara sederhana, Sejarah Peradaban Islam bisa disebut sebagai ilmu yang berbicara mengenai ruang lingkup Sejarah Peradaban Islam secara komprehensif, dan menganalisis ruang lingkup tersebut dengan masa kini. Oleh karena itu, Sejarah Peradaban Islam menempati posisi paling pokok dalam pemahaman ajaran Islam. Karena pentingnya, sering kali penyampaiannya dilakukan melalui pendekatan historis, sosiologis dan antropologis.

IQT422227  Filsafat Ilmu        2 (2-0)

Mata kuliah ini mengkaji secara mendalam landasan filosofis yang mendasari bangunan keilmuan tertentu dan berbagai “interest” yang memungkinkan digunakannya basis filosofis itu. Landasan filosofis dimaksud adalah asumsi dasar sebagai basis teologis-metafisis, paradigma ilmiah sebagai basis sosiologis dan kerangka teori (theoretical framework) sebagai basis metodologis. Ketiga hal inilah yang berfungsi memberikan kerangka, mengarahkan, menentukan keilmuan pada jenis ilmu apa pun, baik natural sciences, social sciences, maupun humanities sciences. Secara praktis, mata kuliah ini memberi kecakapan kepada mahasiswa untuk menggunakan pijakan atau perspektif dalam “membaca” ataupun “mencipta” karya ilmiah.

IQT422228  Logika      3 (3-0)

Mata kuliah ini menjelaskan tentang cara memahami isu-isu dan terutama yang pernah dikembangkan dalam kultur peradaban Islam dengan mengenal bentuk-bentuk serta materi penalaran yang benar/valid dengan yang sesat, dan bahkan yang sofistik untuk diidentifikasi, sehingga mereka dapat berpikir secara logis. Hal ini dikarenakan Berpikir logis dan memiliki kemampuan bernalar adalah sebagian dari keharusan akademis bagi seorang mahasiswa.

IQT423466  Filsafat Akhlak    2 (2-0)

Mata kuliah ini menjelaskan tentang Kejujuran, keikhlasan, kesabaran, keberanian dan kebahagiaan dan yang berkaitan dengan nilai-nilai moralitas positif yang bersifat universal. Begitu pula sebaliknya seperti kecurangan, kebencian, kehinaan, kesengsaraan, keserakahan dan sebagainya adalah nilai-nilai moralitas negatif. Sebagai seorang muslim, sudah sepantasnya mahasiswa pada program studi tafsir dan studi al-Qur’an khususnya dan fakultas Ushuluddin umumnya, memahami dan mendalami seluk beluk konsep moralitas dalam perspektif Islam. Sehingga dengan begitu dia dapat menjelaskan perbedaan substansial konsepsi moral (akhlak) antara ajaran Islam dan ajaran agama atau keyakinan lain.

IQT422236  Metodologi Penelitian  2 (2-0)

Mata kuliah ini didesain untuk memberikan pemahaman yang memadai kepada para mahasiswa mengenai hal-hal terkait metodologi penelitian dalam rangka mencapai sebuah penemuan dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Mahasiswa akan dikenalkan dengan berbagai bentuk dan jenis penelitian, baik kuantitatif maupun kualitatif.

IQT411341  I’jaz Al-Qur’an

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar akan kelebihan-kelebihan al-Qur’an, baik dari sisi tata letak kata dan kalimatnya, perumpamaan-perumpamaan, hingga petunjuk-petunjuk ayat-ayat al-Qur’an tentang Sains, sehingga dapat diketahui kelebihan tersebut untuk dijadikan sebaik-baik pedoman dalam segala hal. Begitu pula dalam penelitian untuk dikaji lebih dalam agar ditemukan kegunaan yang positif dari petunjuk al-Qur’an.

IQT411252  IlmuTakhrij Hadits          2 (2-0)

Matakuliah ini merupakan pendukung pemahaman mahasiswa terhadap teks-teks hadis, agar mampu mengembangkan kemampuan akademisnya dalam bidang hadits.Takhrij Hadis adalah ilmu yang menunjukkan letak Hadits dari sumber-sumber aslinya ( sumber primer), untuk kemudian diterangkan rangkaian sanadnya, dan dinilai derajat haditsnya jika diperlukan.Jadi, ada dua hal yang dikaji dalam takhrij hadits.Pertama, menunjukkan letak hadits dalam kitab-kitab primer hadits.Kedua, menilai derajat hadits tersebut jika diperlukan.Mata kuliah ini bertujuan untuk mengetahui dan menganilisis banyak-sedikitnya jalur periwayatan suatu hadist yang sedang menjadi topik kajian.Mengetahui status hadist, apakah shahih li dzatih atau shahih li ghairih, hasan li dzatih, atau hasan li ghairih. Demikian juga akan dapat di ketahui istilah hadist mutawatir, masyhur, aziz, dan gharib-nya. Memberikan kemudahan bagi orang yang hendak mengamalkan setelah mengetahui bahwa hadist tersebut adalah makbul (dapat di terima). Untuk mengetahui juga hadits yang semula dhaif dari satu jalur, ternyata ada jalur lain yang hasan atau shahih. Mata kuliah ini bersifat interkonektif dan integratif dengan sejumlah mata kuliah keahlian dan pendukung keilmuan Islam.

IQT411354  DirasahAl-Tafsir Al-Tahlily         2 (2-0)

Mata kuliah ini dapat memberikan penjelasan ayat-ayat Al-Qur’an dengan cara menjelaskan segala aspek yang terkandung dalam Al-Qur’an dengan cara menerangkan dan menganalisis makna-makna yang tercakup didalamnya, dan dapat menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an dari berbagai segi dan makna mulai dari surat Al-Fatihah sampai surat An-Nas, Mata kuliah ini dapat mengemukakan kaitan antara ayat-ayat dan relevansinya dengan surat sebelum dan sesudahnya. Mata kuliah ini juga bersifat interkonektif dan integratif dengan sejumlah mata kuliah keahlian dan pendukung keilmuan Islam.

IQT411360  Tafsir Ulama Nusantara 2 (2-0)

Pada Mata Kuliah ini mahassiswa belajar tafsir al-Qur’an yang terdapat di Indonesia, baik sisi perkembangannya, metode penulisanya, hingga ilmu yang mendasari penafsiran al-Qur’an. Ulama nusantara dirasa memberikan sumbangsih yang obyektif, karena melihat fenomena al-Qur’an bukan ditempat al-Qur’an diturunkan, melainkan di daerah yang berbeda tetapi al-Qur’an tetap dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan. Sehingga penafsiran dan sumbangsih pemahaman al-Qur;an di Nusantara ini dapat dijadikan problem solving untuk masayarakat ditempat ulama tersebut berada.

IQT411339  Manahijul Mufassirin al-Hadits 2 (2-0)

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang metode-metode penafsiran al-Qur’an di masa Modern hingga kontemporer yang ditinjau dari mufassir dan kitab tafsirnya, untuk diketahui kategori penafsiranya, cara penulisan tafsirnya, hingga ilmu yang dominan dalam penafsiranya, sehingga dapat diketahui tafsir yang tepat untuk dijadikan penelitian sesuai dengan bidang keahlian dan corak tafsir serta sumber penafsiranya.

IQT52230  Epistemologi Islam           2 (2-0)

Mata kuliah ini mengajarkan tentang apa itu ilmu dalam Islam, apa kedudukannya, apa tabiatnya, apa sumber-sumbernya, bagaimana diperoleh, apa kaitannya dengan perbuatan, apa kaitannya dengan akhlak, serta hubungan Ilmu dengan iman. Karena Universitas Darussalam Gontor telah memposisikan diri sebagai pelopor Islamisasi Ilmu Pengetahuan, maka Epistemologi perlu dikaji dalam perspektif Islam. Melalui pendekatan Epistemologi Islam ini, definisi ilmu, kedudukan ilmu dan ulama’ dalam Islam, objek ilmu pengetahuan, sumber-sumber ilmu pengetahuan, bagaimana proses pengetahuan diperoleh, serta kaitan ilmu dengan akhlak dan amal perbuatan, akan dikaji dan diajarkan dalam materi ini. Sehingga, mahasiswa/i dapat menyebutkan dan menjelaskan dengan baik definisi ilmu dan pengetahuan serta perbedaan antara keduanya. sehingga mampu menjelaskan dengan baik pengertian Filsafat Ilmu Islam, hingga bisa berargumentasi terhadap para Sofis atau relativis tentang masalah kebenaran. Lebih dari itu, mahasiswa/i mampu menjelaskan dengan baik hubungan antara ilmu dan iman, ilmu dan amal, serta hubungan antara ilmu-iman-amal dalam perspektif Islam

IQT511267 Tahfidz Juz 2        1(1-0)

Mata kuliah ini berupa program hafalan khusus mahasiswa semester 5 dan 6.

Diharapkan mahasiswa mampu menghafal juz 2 surat al-Baqarah yang dimulai dari ayat

141-252 beserta ayat-ayat pilihan.

IQT5522431  Mazahib Haddamah     2 (2-0)

Mata kuliah ini menjelaskan tentang berbagai mazhab-mazhab yang membawa doktrin destruktif yang ada di Indonesia khususnya dan dunia Islam pada umumnya sehingga diharapkan mahasiswa nantinya dapat memilih doktrin yang baik untuk mereka dengan berpegang pada doktrin yang benar dan tepat yaitu ahlu sunnah wa al-jama’ah.

IQT5522232 Orientalisme dan Oksidentalisme       2 (2-0)

Mata kuliah ini mengajarkan tentang perkembangan gerakan Orientalisme dan latar belakangnya, tokoh serta klasifikasi studi orientalisme di dunia Islam. Serta mengajarkan tentang perkembangan oksidentalisme sebagai vis-a-vis terhadap gerakan orientalisme Barat. Dengan memahami metode dan prinsip oksidentalisme sebagai peredam sekaligus pelurus dari berbagai pemahaman para orientalis yang salah karena lebih bersifat distorsi subjektif. Hal ini penting bagi seorang mahasiswa Islam guna menumbuhkan ghirah Islamiyah dan membangkitkan semangat studi Islam secara lebih komprehensif. Paradigma inilah yang kemudian menuntut UNIDA Gontor untuk mengajarkan materi bersangkutan terhadap mahasiswa.

IQT511333 Qawaid Tafsir      2 (2-0)

Pada matakuliah ini mahasiswa belajar tentang kaidah-kaidah dalam menafsirkan al-Qur’an, baik kaidah dalam bahasa, penentuan hokum, hingga pembacaan maksud dari ayat-ayat al-Qur’an. Dengan mengetahui kaidah-kaidah tersebut dimaksudkan mahasiswa akan lebih mudah mengenali dan memahami ayat- al-Qur’an dan digunakan dalam

penelitian dan menjadi problem solving pemahaman al-Qur’an

IQT511334 Hermeunetika dan Semantik     2 (2-0)

Dalam mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang metode tafsir dengan pembahasan bahasa yang mendalam, tinjauan keberagaman makna dan kalimat yang mempunyai maksud yang berbeda-beda dalam al-Qur’an, dengan memunculkan social historis dari maksud pemaknaan al-Qur’an yang dijelaskan dalam Hermeunetika, sehingga membantu mahasiswa mampu menganalisis maksud yang disampaikan dalam ayat-ayat al-Qur’an.

IQT511235 Falsafah Al-Qur’an          2 (2-0)

Mata kuliah ini mengajarkan tentang berbagai nilai filosofis yang terkandung dalam Al Qur’an dengan cara mengkaji Al Qur’an terhadap masalah-masalah kebenaran, etika dasar, dan pesan dasar Islam, nilai-nilai kemanusiaan dan tugasnya, ralitas kehidupan dan eskatologis. Dengan begitu diharapkan dapat ditangkap nilai-nilai religious yang didasarkan pola pikir yang kritis, konseptual, sistematis dan filosofis.

IQT511368 I’jaz Ilmy   2 (2-0)

Pada mata kuliah ini mengajarkan tentang makna di balik ayat-ayat ‘ilmy dalam al-Qur’an.Ada sekitar 60 % ayat Ilmy lebih banyak ketimbang ayat-ayat hukum.Namun perhatian mengenai pemahaman ‘Ilmy dalam al-Qur’an belum maksimal.Dengan mengetahui maksud yang terkadung dalam ayat-ayat ilmy diharapkan kemajuan Islam dari segi sains meningkat, dengan landasan al-Qur’an dan Sunnah maka semua yang timbul darinya adalah kebaikan.

IQT512343 Ilmu Alamiah Dasar         2 (2-0)

Ilmu Alamiah Dasar (IAD) merupakan salah matu mata kuliah program studi yakni mata kuliah dengan bobot 2 sks ini wajib diikuti oleh setiap mahasiswa dengan maksud mahasiswa dikenalkan pada konsep-konsep dasar alamiah dalam menunjang dan melandasi pengetahuan mahasiswa dalam memahami, mengkaji dan menerapkan pengetahuan lainnya, khususnya pemecahan-pemecahan masalah, teori maupun konsep ilmu tafsir sains.

Materi ilmu alamiah dasar ini tentu saja hanya bersifat dasar, umum dan pengantar yang berkenaan dengan fenomena alam dan daya fikir manusia hingga mampu memperoleh budaya modern yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan.

IQT622445 Al-Qur’an dan Isu Isu Kontemporer      2 (2-0)

Mata kuliah ini adalah membahas perkembangan isu-isu kontemporer dalam kajian keislaman kemudian dihubungkan dengan Al-Qur’an yang bisa menjadi solusi bagi setiap isu-isu yang berkembang, Mata kuliah ini bersifat interkonektif dan integratif dengan sejumlah mata kuliah keahlian dan pendukung keilmuan Islam. Mata kuliah ini membahas kajian Al-Qur’an yaang dilakukan orientalis mempunyai kelemahan tersebut, dari dasar- dasar kritisisme dan analisis filologis serta semiotis yang dilakukan para orientalis, Mata kuliah ini memberikan ktitik kepada pemikiran-pemikiran liberal dan ilmuan barat dalam mengkaji Al-Qur’an.

IQT511347 Al-Dakhil Fi Tafsir            2 (2-0)

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar bentuk-bentuk ilmu dan sebab dari penafsiran yang tidak sesuai dengan asas kaidah keislaman, yaitu dengan masuknya riwayat-riwayat yang lemah, riwayat yang dibuat-buat oleh orang-orang yang ingin merusak Islam dari pemahamannya tentang al-Qur’an. Bahkan metode-metode dan Ilmu-ilmu baru yang diupayakan masuk dalam memahami al-Qur’an sehingga al-Al-Qur’an dipandang tidak lagi menjadi kitab suci yang mulia. Agar diketahui motif dan kesalahan dalam pemahan al-Qur’an untuk dijadikan contoh kesalahanya dan tidak dijadikan sebagai rujukan. Pada materi ini sangat berguna untk problem solving dalam salah memahami maksud ayat al-Qur’an.

IQT611220Tahfidz Juz 2         1 (1-0)

Mata kuliah ini berupa program hafalan khusus mahasiswa semester 8. Diharapkan mahasiswa mampu menghafal juz 3 surat al-Baqarah yang dimulai dari ayat 253-286 dan surat al-Imran 1-92 beserta ayat-ayat pilihan.

IQT622445  Islam dan Isu-isu kontemporer 2 (2-0)

Mata kuliah ini mempelajari berbagai isu dan wacana kontemporer yang berkembang di dunia Islam. Kemuculan Orientalis dan jaringan liberal patut untuk di sanggah gagasan-gagasannya, yaitu dengan mengetahui tujuan dan kelemahan pemikiran mereka. Dengan mendalami konsep Islam dari tokoh-tokoh Islam yang benar, diharapkan mahasiswa mampu mengcounter pemikiran mereka dengan ghazwul fikri yang dilandasi al-Qur’an dan Sunnah serta argumen keislaman yang benar.Agar menjadi problem solving dari kegelisahan pemahaman Islam yang melenceng.

IQT622448  Isu-isu Global Dunia Islam         2 (2-0)

Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa agar mampu memahami perkembangan isu-isu global terkini yang terjadi pada umat Islam. Selanjutnya mahasiswa bisa mengambil satu sikap akademis dan bahkan bisa berkontribusi terkait isu tersebut. Meskipun tidak berkontribusi langsung ke tempat. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diajak untuk lebih terbuka wawasannya seputar dunia Islam di mana pun tempatnya. Diharapkan Mahasiswa mampu memahami perkembangan isu-isu terkini, terutama secara global yang terjadi dalam dunia Islam. Kemudian mampu memberikan sumbangsih pemikirannya terkait isu-isu tersebut.

IQT611349  Metode Penelitian Tafsir           2 (2-0)

Pada Mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang prinsip-prinsip dasar, corak, dan metode penafsiran, serta berbagai metode ilmiah dalam penelitian Al Qur’an.Kemudian membuat perencanaan penelitian dalam bentuk proposal, dan mempraktekan langkah-langkah penelitian tafsir al-Qur’an.

IQT611370  Dirasatu At-Tafsir Al-Muqarin  2 (2-0)

Dalam mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang metode penafsiran al-Qur’an dengan perbandingan. Perbandingan yang dihadirkan seorang mufassir dalam penafsiran al-Qur’an baik antara ayat al-Qur’an dengan ayat lain, atau dengan riwayat dan sunnah Rasulullah, atau dengan pendapat Sahabat dan Tabi’in, bahkan antara pendapat ulama tafsir, Fiqh, dan bahasa. Sehingga dapat digunakan dalam penunjang peneitian dan menjadi problem solving dalam permasalahan yang hadir di tengah-tengah masyarakat.

IQT611371  Metodologi Pembelajaran al-Qur’an   2 (2-0)

Metodologi pembelajaraan Al-Qur’an adalah ilmu yang membahas mengenai cara kerja yang bersistem dalam rangka memudahkan pelaksanaan dan penerapan pembelajaran Al-Qur’an guna mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan dan ditentukan. Dalam pengertian ini metodologi pembelajaran Al-Qur’an merupakan satu cabang ilmu untuk persipan dalam mengajar atau pembelajaraan al-Qur’an .yaitu untuk menciptakan kecakapan pengajar agar mendorong terjadinya proses belajar yang kondusif dan menarik.

IQT611372 Tafsil Ilmu-Ilmu Sosial     2 (2-0)

pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang penafsiran al-Qur’an, yaitu tentang

ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan kondisi sosial kemsyarakatan, agar kemudian dipahami dan dimengerti sehingga dapat menghadirkan problem solving ditengah-tengah masyarakat seduai dengan pedoman al-Qur’an.

IQT611355 Studi Pengayaan Lapangan

2 (2-0)

IQT611355 Multimedia

2 (2-0)

Dalam matakuliah ini mahasiswa dibekali soft skill dalam multimedia. Mengingat zaman yang serba teknologi maka penguasaan dalam multimedia tidak bisa dihindarkan, setelah mahasiswa menguasai soft skill dalam editing gambar maupun video, diharapkan menjadi pelopor dakwah Islam dengan menggunakan multimedia social media dll dalam berbagai bentuk audio visual yang sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga dapat menyampaikan berbagai problem solving lewat perkembangan multimedia.

IQT722457 Islamisasi Ilmu Pengetahuan      2 (2-0)

Mata kuliah Islamisasi Ilmu ini dimaksudkan untuk memberi wawasan kepada mahasiswa tentang teori Islamisasi ilmu. materi ini mengenalkan definisi dan pendekatan dalam Islamisasi ilmu khususnya perspektif SM. Naquib al-Attas. Selain itu, mahasiswa juga akan mengetahui sejarah gagasan, urgensi, dan model-model Islamisasi ilmu yang berkembang sebagai respon dari westernisasi ilmu. begitu juga akan didiskusikan mengenai para pengkritik gagasan Islamisasi ilmu serta argumentasi mereka.Materi ini juga menunjukkan kepada mahasiswa aplikasi islamisasi worldview dan sains, dengan melihat fakta historis-sosiologis yang tak terbantahkan. Dan sebagai tambahan, untuk perbandingan mahasiswa juga akan dibekali wacana integrasi ilmu di kampus-kampus Islam, serta agenda sains Islam ke depan.

IQT711373 Ilmu Qira’at         2 (2-0)

Dalam mata kuliah ini mahasiswa belajar macam-cam qira’at dalam pembacaan ayat al-Qur’an, qira’at adalah bentuk bacaan al-Qur’an yang beragam. Dengan keberagaman tersebut maka ilmu ini hadir untuk mengklasifikasi bacaan yang bersumber langsung dari Rasulullah melalui sahabat-sahabatnya. Dengan perbedaan pembacaan maka akan timbul perbedaan makna, sehingga dengan ilmu akan diketahui bacaan yang tepat dengan maknya

IQT723261 Komunikasi Dakwah       2 (2-0)

Mata kuliah ini secara sederhana memberikan pengertian komunikasi. Seseorang yang berkomunikasi berarti mengharapkan agar orang lain dalam hal ini yang diajak berkomunikasi untuk dapat ikut berpartisipasi atau tindakan sama sesuai dengan tujuan, harapan atau isi pesan yang disampaikan. Dengan penekanan bahwa komunikasi berarti upaya untuk mengadakan persamaan atau commonness dengan orang lain dengan cara menyampaikan keterangan, berupa suatu gagasan ataupun sikap.

IQT7232562 Konseling Islam 2 (2-0)

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang penjabaran prinsip dan prosedur dalam melakukan proses konseling yang bersumber dari ajaran Islam. Diawali dari pengertian, sejarah, tujuan konseling Islam, prasyarat menjadi konselor Islam, proses melakukan konseling Islam bagi konseli dan memahami konsepsi terapi Islam.

IQT711359 Seminar Proposal Skripsi

IQT711363 Kuliah Kerja Nyata

IQT811365 Skripsi

  1. Penutup

Dokumen kurikulum Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir ini digunakan sebagai landasan untuk menyusun silabus dan satuan ajar perkuliahan (SAP) masing-masing mata kuliah.Penilaian pembelajaran untuk masing-masing mata kuliah juga dibuat berdasarkan Capaian Pembelajaran Lulusan dan indikator kinerja yang terdapat pada dokumen kurikulum ini. Dengan adanya dokumen kurikulum ini diharapkan proses pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan dari Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, serta Universitas Darussalam Gontor.