Langkah-Langkah Penerapan SEO Pada Tulisan Artikel

Iqt.Unida.Gontor.ac.id Salam sahabat para pembaca yang budiman, beberapa hari kemarin anda sudah diajak traveling dengan mengenal sedikit apa itu SEO beserta manfaatnya dalam website. Nah pada tulisan sederhana kali ini, penulis akan kembali mengajak anda supaya memahami sedikit dan banyaknya berkaitan dengan “langkah-langkah penerapan SEO pada postingan tulisan Artikel di website.”

Selanjutnya, sangat perlu anda perhatikan sebelum anda memposting artikel tentunya terdapat beberapa hal yang mesti sudah anda siapkan diantaranya yaitu: a). Sudah mempunyai tulisan artikel (Makalah, Berita, Opini, kajian dan lain sebagainya) minimal 300 karakter / kata (Sesuai dengan stadar SEO Text length), b). Mempunyai lingkungan jaringan internet yang mendukung terutama di sekitar anda, c). Memasuki Dasbor website yang akan di isi tulisan. Misalnya: Anda ingin mengisi postingan tulisan pada website Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UNIDA Gontor, dengan alamat link Hosting: Iqt.Unida.Gontor.ac.id/admin.

Dan berikutnya penerapan penilaian SEO pada tulisan Artikel dimana kali ini terdapat langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah Pertama
Langkah-Langkah Penerapan SEO Pada Tulisan Artikel
  • Masuk ke tampilan POS, kemudian klik Tambah baru.
  • Sediakan tulisan Artikel yang akan dimuat, lalu tekan Ctrl-C (Copy semua tulisan) pada Judul & Isi.
  • Tekan Ctrl-V (Copy Paste) Yang disesuaikan pada kolomnya (Judul = Judul & Isi = Isi).

Jika langkah bagian pertama sudah selesai sampai warna Hijau (Dengan nilai Good) maka silahkan lanjut ke tahap bagian ke dua.

Langkah Kedua
Langkah-Langkah Penerapan SEO Pada Tulisan Artikel
  • Pilih kolom kotak kecil Edit Snippet, dimana pada bagian ini terdiri dari 3 kriteria yaitu: a). SEO Tittle (Link situs Judul artikel), b). Slug (alamat Link dibawah judul), c). Meta Description (Deskripsi pendekatan singkat artikel).
  • Silahkan Ctrl-C judul artikel kemudian Ctrl-V pada kolom SEO title dengan syarat memenuhi agar menjadi warna hijau: a). SEO Title Width (Judul yang melebar tidak terlalu sedikit ataupun terlalu panjang), b). Keyphrase in title (Kata kunci pada judul).
  • Jika sudah mengisi judul dengan baik maka SEO title berwarna hijau, begitupun pada Slug (Silahkan Ctrl-C judul artikel kemudian Ctrl-V pada kolom Slug) secara otomatis akan mengikutiSEO titleyang disertakan dengan Keyphrase in Slug (Kata kunci pada slug). Kemudian isilah sedikit penjelasan pada kolom Meta Description (Deskripsi pendekatan singkat), biasanya tinggal Ctrl-C pada sedikit kalimat artikel di pendahuluan, lalu Ctrl-V pada kolom Meta Description, dengan syarat harus terpenuhi Keyphrase in Meta Description (Adanya kata kunci pada deskripsi singkat), dan Meta description length (Deskripsi singkat tidak terlalu pendek).
  • Pada gambar no.4 diatas adalah contoh 3 kriteria yang yang sudah terpenuhi dengan warna hijau.
Langkah Ketiga           
  • Edit pada Readibility Analysis ini terdapat 3 kriteria yaitu: a). Subheading Distrubution (anak judul), b). Paragraph Length (Panjang paragrap) dan c). Sentence Length (Panjang kalimat). Bisa anda lihat nilai SEO pada gambar Readibility Analysis diatas masih warna Orange dan bagaimanapun caranya agar 3 kriteria tadi berubah menjadi warna hijau.
  • Untuk menambahkan Subheading Distrubution (anak judul), silahkan klik tanda plus ([+] yang ada pada setiap kolom), Kemudian pilih (T=Tajuk) dan tulislah tema pada kolom anak judul sesuai dengan isi pembahasan dalam paragrap.
  • Sesuaikan ukuran Subheading Distrubution (anak judul) dengan klik (H=Header 4/5) yang berada pada (Blok-Pengaturan tingkat Tajuk).
  • Jika langkah 1-3 sudah dilakukan maka penilaian SEO pada bagian ini secara otomatis akan berubah. Dan pada gambar diatas no.4 semua kriteria Readibility Analysis sudah terpenuhi yang ditandai dengan warna hijau.
Langkah Keempat
  • Yang dimaksud dengan Focus keyphrase adalah kita memfokuskan atau menentukan satu kata kunci keyword dalam artikel yang akan di post. dengan catatan harus Previously used keyphrase (kata kunci keyword belum pernah digunakan pada postingan artikel sebelumnya).
  • Seperti pada gambar di atas kata Cara adalah contoh keyword yang ditentukan, lalu blok kata tadi dan tekan Ctrl-C.
  • Lalu Tekan Ctrl-V untuk mengcopy paste kata Cara pada kolom Focus Keyphrase.
  • Jangan lupa juga agar selalu memperhatikan Focus keyphrase atau kata kunci keyword di paragrap dengan memenuhi kriteria seperti: a) keyphrase In Introduction, b). keyphrase length, dan c). keyphrase density (Minimal 3 kata kuci yang ditemukan pada tulisan artikel)

Jika Focus Keyphrase = kata kunci keywordnya sudah ditentukan maka selanjutnya memenuhi sisa kriteria yang ada pada penilaian SEO, sebagai berikut:

Langkah Terakhir Finishing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *