KAJIAN FASSIR Menjawab Metode Tahfidz dan Murojaah di UNIDA Gontor

Senin (11/3) Gedung  Siroh  Nabawiyyah  – Kajian Fassir kali ini bertajuk  Menjawab Metode Tahfidz Al-Quran dan Murojaah Qur’an di UNIDA Gontor yang disampaikan oleh Al-Ustadz Shohibul Mujtaba M.A. selaku Dosen dari Markaz Al-Qur’an Universitas Darussalam Gontor. seperti biasa kajian ini dikhususkan untuk mahasiswa program studi ilmu al-quran dan tafsir dan di buka untuk umum.  Acara ini dipimpin oleh moderator ananda Fadhil Ali selaku ketua Kajian FASSIR.

Hal yang pertama disampaikan adalah mengenai “apa motivasi kita menghafal Al-Qur’an?” pertanyaan yang sangat penting yang akan membuat semangat menghafal kita tinggi. Dengan niat dan motivasi yang kuat maka tidak ada yang tak mungkin dalam menghafal Al-Qur’an semua akan terasa mudah. Kemudian dari pada itu  untuk menunjang keberhasilan dalam menghafal Al-Quran juga diperlukan lingkungan dan kondisi yang suci atau terhindar dari suatu yang haram atau syubhat dan kemudian terhindar dari perbuatan maksiat.

KAJIAN FASSIR Menjawab Metode Tahfidz dan Murojaah di UNIDA Gontor
Mahasiswa IQT UNIDA dalam kajian Fassir

“Nikmatilah lezatnya Al-Quran! Karena Al-Quran adalah makanan hati paling enak dan bergizi bagi seorang mukmin..” beliau pun menjelaskan tentang 5 tingkatan level hafalan seperti hafalan perjuangan, hafalan harapan, hafalan pertahanan, hafalan menguatkan dan sampai pada tahap menikmati lezatnya Al-Quran. Ini pun mengarah pada satu kegiatan penting dalam menghafal yaitu murojaah.

Murojaah adalah alat untuk menjaga hafalan agar tidak lupa. Jika kita memiliki hafalan yang banyak maka diwajibkan jangan sampai tidak murojaah selama sepekan karena akan menyebabkan lupa. Oleh karenanya murojaah merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh setiap penghafal Al-Qur’an.

Dan yang terakhir adalah sebagai pengingat kita semuanya bahwa menjawab metode tahfidz UNIDA Gontor mengarah pada 3M1T (Talqin, Tafahhum, Tahfidz, dan Murojaah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *