HURUF MUQATHA’AH THANTAWI JAUHARI

Al-Qur’an dan Tafsir.Com. HURUF MUQATHA’AH, Telah Banyak para ulama yang berbeda pendapat tentang tafsiran huruf-hurufnya. Ada yang mengatakan bahwa huruf-huruf tersebut tidak perlu di tafsirkan. Karena hanya Allah SWT yang tahu tentang makna dari huruf-huruf tersebut, ada pula yang mengartikan bahwa huruf-huruf tersebut mempunyai arti nama-nama Allah.

HURUF MUQATHA’AH THANTAWI JAUHARI

Dari perbedaan pendapat diatas seorang ulama besar bernama Thantawi Jauhary berasal dari mesir menafsirkan bahwa huruf-huruf Muqatha’ah mempunyai arti yang mendalam. Beliau mengartikan huruf-huruf tersebut isyarat untuk melihat kebesaran Allah SWT dalam proses penciptaan jagat raya ini. Proses penafsiran ini boleh dilakukan karena sebagaimana Allah SWT telah menjelaskan dalam firmanNya yaitu:

أفلا يتدبرون القرآن أم على قلوب أففاها

Dari ayat tersebut Allah telah memberi isyarat kepada hambanya untuk mentadabburi Al-Qur’an, karna semakin memahami isi kandungan didalam Al-Qur’an seseorang akan mengetahui kebesaran Allah SWT.

Apa itu Huruf Muqatha’ah

Huruf Muqatha’ah yaitu huruf yang terdiri dari beberapa huruf hijaiyyah yang berada di awal surat dalam Al-Qur’an, seorang Qori ketika membaca huruf tersebut akan membaca langsung huruf seperti pembacaan pada huruf Hijaiyyah tanpa penggunaan harakat. Contoh dari penafsiran huruf Muqthoah seperti pada lafadz الم dalam surah Al-Baqarah dan المص dalam surah al-A’raf disini mmpunyai dua arti yang pertama: isyarat kalau Al-Qur’an tercipta dari kelebihan huruf Muqathaah, pendapat ini banyak yang menyetujuinya seperti Zamkhasyary dan Baidhawi. Sedangkan yang kedua: huruf tersebut sebagai peringatan atas kelebihannya dan di khususkan kepada orang-orang Makkah.

Menurut Thantawi Jauhari

Bahwasanya huruf-huruf Muqatho’ah yang berada diawal surat harus di tafsirkan karna ini membantu untuk pelatihan akal untuk berfikir walaupun banyak perbedaan pendapat dalam penafsirannya. Oleh karna itu Thantawi mempunyai tiga cara dalam merumuskan huruf-huruf tesebut:

  1. Menjadikan huruf tersebut potongan-potongan dari nama-nama Allah SWT, dan huruf ini sebagai tempat untuk mengingat Allah SWT dalam keadaan apapun.
  2. Huruf muqthaah sebagai mu’jizat yang agung dan sebagai bukti-bukti atas kebenaran Nabi Muhammad SAW. Huruf ini tidak bisa dibaca kecuali bagi orang yang telah mempelajari Qiro’ah. Nabi Muhammad seorang yang tidak bisa membaca tetapi sudah bisa membacanya setelah diajari berulang-ulang oleh malaikat jibril di gua Hira.
  3. Huruf ini menandakan bahwa Allah SWT telah menciptakan Alam yang teratur, terhukum, dan sesuai dengan sunnahnya, kitab yang datang sesuai dengan aturannya tidak ada Bid’ah didalmnya ini menandakan bahwa itu berasal dari Allah SWT. Jika ada kitap yang menyeleweng dengan sunntullah berti kitab tersebut palsu.
Contoh Dari Penafsiran

Berikut ini contoh dari penafsiran kata (الم) menurut Thantawi jauhari:
• Pada surah Al-Baqarah ayat 106 dan 107 menjelaskan tentang bahwasanya Tauhid seseorang tidak akan sempurna kalau tidak mempelajari ilmu-ilmu langit (Astronomi) dan ilmu-ilmu Bumi (Geografi).
• Pada surah Albaqarah ayat 258 menjelaskan tentang Ilmu kimia
• Pada surah Al-Hajj ayat 63 menjelaskan tentang ilmu tumbuhan untuk memberi tahu manusia bahwa Allah SWT Lathif .
• Pada surah Luqman ayat 31 menjelasakan tentang ilmu pelayaran dan bagaimana cara menggunakan berbagai jenis perahu.

Dan masih banyak lagi penjelasan tentang penafsiran huruf-huruf Muqtha’ah. Dari penjelesan diatas telah diketahui banyak dari rahasia-rahasia yang tersembunyi dalam huruf-huruf Muqtha’ah, jika di pelajari lebih lanjut akan menambahkan keimanan kita atas kebesaran Allah SWT.

Oleh: Aya Refni IQT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *