GONTOR Ajarkan Arti Kesederhanaan melalui Ilmu Balaghoh

IQT.Unida.Gontor.ac.id SIMAN- Gontor telah lama menjadi kiblat utama berbagai pondok pesantren di Indonesia bahkan dunia. Sehingga gontor ajarkan nilai dan ide-ide pondok hingga kini tidak ada kelunturan di dalamnya. Salah satu nilai yang amat mahal di GONTOR adalah kesederhanaan. Orientasi Kesederhanaan tiap individu pasti berbeda dengan individu lainnya. Yang perlu diketahui adalah, bahwasannya sederhana bukanlah miskin dan sangat berbeda dengan miskin itu sendiri.

Pengertian kesederhanaan sangatlah luas, namun sebagian orang memandang arti kata sederhana sebelahmata. Apabila diresapi kembali, makna ‘kesederhanaan’ memiliki berbagai pengertian dan penafsiran. Salah satu arti yang penulis ambil dalam menjelaskan makna kesederhanaan adalah, bersahaja. Bersahaja merupakan sifat yang tidak berlebih-lebihan dalam berbagai bidang. Kita juga dapat menemukan nilai-nilai kesederhanaan melalui Ilmu Balaghah.

GONTOR Ajarkan Arti Kesederhanaan melalui Ilmu Balaghoh
Apa itu Balaghah?

Balaghah merupakan salah satu pelajaran bahasa arab yang di pelajari oleh santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor pada saat mereka duduk di kelas empat, lima, dan enam. Serta lebih diperdalam lagi seperti Balaghah Qur’aniyah. Balagoh merupakan ilmu yang mengajarkan cara berbahasa, dalam bahasa arab sendiri kita mengartikan secara bahasa yaitu al-balig wal washal yang artinya tersampaikan. Secara istilah adalah kesesuian kalimat yang fasih tepat dan benar sesuai situasi dan kondisi. Mengenal Balaghah berarti mengenal kehidupan bangsa Arab serta mengetahui mutu peradaban dan kemajuan akal orang orang Arab yang kemudian dilanjutkan oleh Islam, karena balaghah adalah seni keindahan bahasa Arab, sebagaimana juga bangsa lain yang mempunyai seni keindahan dalam bahasa mereka.

Balaghah berasal dari ‘balagho’ yang berarti mencapai target. Jadi, Balaghah secara etimology berarti mencapai target serta tujuan dari sebuah ucapan yang indah dan fasih. Seseorang yang baligh dalam ilmu balaghah adalah orang telah tercapai tujuannya karena fasih serta indah bicaranya yang ungkapan bicaranya itu mampu mencapai hati orang yang ditujunya. Begitu juga, anak yang baligh dalam ilmu Fiqh adalah anak yang telah sampai masanya. Karena ketika baligh mulailah dia diwajibkan mengerjakan kewajiban kewajiban agama. Sesuatu yang baligh adalah sesuatu yang sukses memenuhi target yang dituju.

Jadi, balaghah itu adalah predikat bagi tiap individu dan juga ucapannya. Dari sisi ini, kita mengetahui bahwa, ilmu Balaghah berguna sekali bagi para diplomat yang memperjuangkan kepentingan dan para pemimipin yang memperjuangkan kepentingan rakyat dalam menghadapi para penguasa yang dzalim, dan juga bagi para da’i yang berdakwah serta berusaha mempengaruhi masyarakat agar mau melaksanakan agama Islam.

Makna Kesederhanaan dalam Balaghah

Sedangkan sebuah makna terdalam dari kesederhanaan itu adalah tidak berlabihan, kenapa harus balaghoh? Karena balaghoh merupakan sebuah ilmu berbahasa, yang mana maknanya tersirat. Maknanya dalam namun diampaikan dengan sederhana. Melalui ilmu balaghoh kita diajarkan

Bahasa arab merupakan bahasa yang selalu menjadi kiblat umat islam. Penuturan kata perkata diciptakan seindah yang kita sering dengar. Dari sekian bahasa, yang memiliki kesastraan tinggi dan bermacam-macam adalah sastra Arab. Bahkan, sebelum kitab suci Al-Qu’an muncul, masyarakat arab sudah mengenal syair. Syair memiliki tatanan kata yang begitu indah, dan melalui syair pula peradaban Arab di mulai. Pada zamanya, penyair memiliki kehormatan tinggi di mata raja. Di semua keramaian banyak orang yang berlomba-lomba mememerkan syair yang dimiliknya. Hingga turunnya Al-Qur’an, banyak yang tunduk dengan syair yang terkandung dalam Al-Qur’an. Ilmu itu di sebut dengan ilmu Balaghah Qur’aniyah.

Balagah berarti kesesuaian kalimat yang fasih (tepat, benar) dengan situasi dan kondisi kalam atau bahasa yang fasih/jelas sesuai dengan situasi dan kondisi.  Menurut KBBI “ilmu” berarti pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu. Aspek terpenting ilmu balagah: “Ungkapan yang baik dan benar yang sesuai dengan maksud yang ingin disampaikan orang yang dengan jelas menyampaikan ungkapan itu.”

Zakiyatul Azizati Rosyidah/IQT 3/c3/Kampus Mantingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *