Diskusi Lintas Prodi: HMP IQT Bersama KKK

UNIDA Gontor – Bagian Internal dan Eksternal Himpunan Mahasiswa Program studi (HMP) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir periode 2019/2020 bersama HMP D4 Kesehatan dan Keselamatan Kerja telah mengadakan Diskusi lintas Prodi dengan tema Penerapan KKK (K3) di tempat kerja berbasis Islam Rahmatan Lil Alamin yang diselenggarakan di Musholla lt.4 Asrama Utsman bin Affan dimulai pada pukul 20.00-21.30 WIB dengan jumlah peserta 9 Orang. Sabtu (8/8). Tentunya acara ini merupakan Program Kerja Bagian Internal dan Eksternal HMP Studi IQT guna menambah wawasan antar masing-masing anggota Program Studi serta juga saling mengintegrasikan ilmu-ilmu dari antar Program Studi.

Diskusi Lintas Prodi: HMP IQT Bersama KKK
Diskusi Lintas Prodi HMP IQT bersama HMP KKK UNIDA Gontor

Titik Temu Permasalahan

Pada acara kali ini sebagai Muqoddimah Akhdan Rafif Sophian dari Perwakilan Bagian Internal dan Eksternal HMP IQT mengawali suasana diskusi. Menurutnya: “Diskusi sudah mulai sering ditinggalkan mahasiswa, maka dengan berdiskusi inilah yang akan membangun ruh mahasiswa khususnya Mahasiswa UNIDA Gontor. Oleh karenanya Diskusi sebagai salah satu Ruh Perguruan Tinggi dan juga untuk Menambah Wawasan segenap mahasiswa terutama apabila dilaksanakan dengan lintas Prodi.” Jelasnya.

Kemudian dilanjutkan oleh saudara Luqman perwakilan dari HMP D4 Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Menyampaikan “Bahwa kekurangan mahasiswa KKK apabila berkecimpung didunia KKK ini adalah Kurangnya Penerapan Islamisasi di tempat kerja khususnya pada pembangunan proyek atau sebuah program. Salah Satu Problematika KKK ditempat kerja dikarenakan harus benar-benar bekerja keras dan fokus dalam Pembangunan Proyek atau Program, walhasil akhirnya Sholat atau ibadah lainnya dikesampingkan bahkan ditiadakan. Hal ini juga dipengaruhi oleh Pimpinan/Direktur pada Pendirian Program tersebut. Di samping itu juga Sistem KKK yang didukung oleh UU Nomor 1 ayat 70 dimana Isinya lebih mengarah terhadap Ideologi Kapitalisme.” Pungkasnya.

Pemecahan masalah (Problem Solving)

Berangkat dari masalah di atas, maka beberapa dari Mahasiswa HMP IQT menanggapi dengan memberi solusi sebagai pemecahan masalah ini sesuai dengan dalil ayat Al-Qur’an. QS Al-Baqarah ayat 195 “Bahwa Allah SWT menciptakan secara aman dan baik, kelompok atau individu yang tidak amanlah yang berbuat kerusakan.” Sehingga yang harus digaris bawahi juga seperti salah satu hadist yang menerangkan bahwa “Dua Kenikmatan yang dilupakan banyak orang yaitu kesehatan dan waktu luang.”

Selain itu, apabila dalam setiap pekerjaan tidak kita bersamai Agama atau Allah SWT disana, maka pekerjaan tersebut sama seperti yang dilakukan orang-orang Atheis, Liberal, sekuler dan lain-lain. Dengannya pekerjaan lancar dan sukses tetapi tidak keselarasan antara hati dan otak mereka, karena dalam hal tersebut hanya bersifat duniawi saja. Tentunya kita sebagai Makhluk hidup yang diciptakan Allah SWT harus dapat meraih kesuksesan di Dunia maupun di akhirat.

Selanjutnya dilanjutkan dengan diskusi singkat atau sharing sessions tentang Pemahaman Keprodian dari HMP D4 Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Seperti pembahasan tentang tugas KKK, Macam-macam perusahaan yang menerapkan KKK dam juga beberapa sistem yang berhubungan dengan KKK. Hingga akhirnya Sampailah pada penghujung acara dengan bertambahnya wawasan, pengetahuan baru Serta Problem Solving (Pemecahan masalah) yang ditemukan setelah pelaksanaan Diskusi lintas Prodi ini.

Harapannya

Dengan semangat diskusi dan haus akan ilmu antar masing-masing prodi membuat diskusi lintas prodi kali ini berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga harapannya bahwa salah satu yang menjadi ruh mahasiswa adalah Diskusi ini dapat tetap berjalan di UNIDA Gontor ini. Adapun pertemuan diskusi lintas prodi ini Merupakan yang pertama kali, dengan demikian akan terus berlanjut sampai akhir perkuliahan di UNIDA Gontor Aamin ya Rabbal Alamin. Wallahu ‘Alam bissawab. (Pen.Fahmi Akhyar/Ed.Husein)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *