Organisasi Himpunan Mahasiswa Prodi IQT

Berikut Struktur Organisasi Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Periode 2020 – 2021 M. Universitas Darussalam Gontor kampus siman, Ponorogo.

Organisasi  Himpunan Mahasiswa Prodi IQT
Ketua HMP

Ketua                 : 1) Diky Herisnawan IQT/4

                              2) Mawarid Khairul Arifin IQT/4

“Sebagai seorang ketua maka harus mampu melihat lapangan (Bisa membaca keadaan) dan membawa (Mempengaruhi, mengayomi) para anggotanya kepada tujuan tertentu yang sudah disepakati bersama, terutama harus mampu mengetahui langsung kinerja-kinerja anggota-anggotanya dalam berproses dalam Tugas tanggung jawabnya masing-masing per devisi”.

Sekretaris HMP

Sekretaris        : 1) Nizhamullah Muhamad Al-Islam IQT/4

                             2) M. Syauqi Amin IQT/4

3) M. Adam IQT/2

“Sekretaris akan mendata seluruh pemberkasan tentang HMP IQT. Seperti di mulai dari struktur, AD/ART, RKAT, SOP setiap bagian, surat-surat izin. Sekretaris juga mendata jumlah mahasiswa prodi secara keseluruhan, dan lain-lain. Sekretaris tidak akan mengeluarkan surat menyurat diluar persetujuan ketua”.

Bendahara HMP

Bendahara      : 1) Halwan Ahmad Fajar IQT/4

                             2) Ichsan Nurfalah Gunawan IQT/4

                              3) Andi IQT/2

“Seperti pada umumnya, setiap struktur keorganisasian pasti memiliki bagian bendahara. Hal itu bertujuan agar organisasi tersebut memiliki ekonomi tunjangan sewaktu-waktu ada kebutuhan dalam keorganisasian. Bagian bendahara di struktur organisasi HMP IQT ini terbagi menjadi beberapa titik fokus, yaitu fokus pada keuangan HMP, pendataan keuangan baik masuk maupun keluar, kemudian fokus pada pembrankasan saldo, dan fokus pada keuangan dari penghimpunan dana HMP IQT”.

Devisi Keilmuan

Keilmuan        : 1) Adam Ali Fikar IQT/4

                             2) Muhammad Fadly IQT/4

                            3) Muhammad Nasiruddin Bin Rosmandi IQT/4

4) Yossi Kurnia IQT/4

5) Ahnaf Gilang Ramadhan IQT/4

6) Agil IQT/2

7) Sayuti IQT/2

“Bagian keilmuan akan bergerak dalam akademisi mahasiswa-mahasiswa prodi. Bagian keilmuan memiliki beberapa sistem untuk mengontrol keadaan akademisi mahasiswa dan evaluasi guna meningkatkan kekurangan-kekurangan. Kemudian ada beberapa kegiatan seperti, seminar keilmuan, talaqqi kitab-kitab tafsir maupun hadits dan fiqih, forum kajian kitab tafsir, muhadatsah berbahasa arab dan inggris, dan lain-lain”.

Devisi kerohanian

Kerohanian      : 1) Muhammad Nur Haqim IQT/4

                              2) Afief Rahardian Pratama IQT/4

                              3) Fandi Ardiansyah IQT/4

4) Sholeh Kamil IQT/4

5) Hanung IQT/2

“Bagian kerohanian merupakan salah satu bagian yang fokus pada syariat, muamalat, ibadah para mahasiswa prodi IQT. Terutama sebagai memobilisasi Program Tahfizd mahasiswa prodi IQT. Selebihnya terdiri dari beberapa agenda yang diselenggarakan seperti Karantina dan ujian Tahfizd, Sholat berjama’ah, dhuha, tahajjud, berpuasa senin dan kamis bahkan (puasa Daud)”.

Devisi penelitian

Penelitian   :   1) Meirando Rukhuz IQT/4

                           2) Oesman Oesky Al farabi IQT/4

                           3) Zaky.A IQT/2

“Bagian penelitian dan terbitan akan mendokumentasikan hasil-hasil penulisan ilmiah mahasiswa prodi IQT dan diterbitkan bila itu diperlukan, seperti penulisan berita, karya ilmiah, jurnal, dan lain-lain”.

Devisi Publikasi dan press

Pers & Publikasi              : 1) Muhammad Zaky IQT/4

                                                 2) Iffan Mulyadi Krisna IQT/4

                                                 3) Egiem IQT/2

“Bagian pers dan publikasi akan menghandle semua kebutuhan dalam sebuah acara yang pasti memerlukan dokumentasi berupa momentum foto, video, poster, background panggung. Bukan hanya itu, bagian pers dan publikasi pun bertugas di ranah jurnalistik (Madding Zone), media sosial, seperti menyusun narasi kata di sebuah gambar atau foto instagram maupun facebook.

Devisi Minat Dan Bakat

Minat&Bakat             : 1) Sabiq Noor IQT/4

                                       2) Muhammad Ryan IQT/4

3) Muhammad Agus Nur Fauzan IQT/4

4) Nugraha IQT/2

“Bagian minat dan bakat ini sangat penting, karena selain meninjau dan memperhatikan skill, kemampuan mahasiswa-mahasiswa prodi.Bagian minat dan bakat pun akanmendata secara merinci dalam beberapa bidang; olahraga, olahrasa, olahfikir, olahdzikir. Kemudian setelah mendata, akanditinjaumahasiswa-mahasiswa yang memiliki skill danbakattersebut. Hal iniakansangatbergunauntukmeningkatkanprestasiprodi, baik di dalammaupun di luarkampus”.

Devisi Eksternal

Internal &Eksternal   :     1) Fahmy Akhyar Alfarabi IQT/4

                                                2) Alvian Bakhti Pamungkas IQT/4

3) Mujaddid As Siddiqy IQT/4

4) Akhdan Rafif Sofyan IQT/4

5) Jihad IQT/2

“Bagian internal dan eksternal adalah bagian yang akan bergerak dalam bidang kerjasama atau relasi antar UKM maupun instansi-instansi luar yang memiliki prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Bukan hanya itu, bagian internal dan eksternalakan menyebarkan informasi-informasi penting seperti adanya seminar nasional, seminar internasional, perlombaan internal, perlombaan eksternal, dan lain-lain. Sehingga jika di dalam kampus, mahasiswa-mahasiswa prodi akan giat mengikuti kegiatan-kegiatan penting. Dan sehingga jika di luar kampus, mahasiswa-mahasiswa prodi akan dapat menjadi delegasi kampus untuk mengikuti acara-acara tertentu”.

Devisi penghimpunan

Penghimpunan        :        1) Muhammad Ilham Tubagus Dwi P.P IQT/4

                                               2) Ramadhanul Falah IQT/4

3) Gleger Elang Kusuma Wijang Wijaya IQT/4

4) Rijaluddin IQT/2

“Bagian penghimpunan merupakan bagian yang sangat lunak.Bagian penghimpunan bertugas dalam bidang aksi ketanggapan, ekonomi proteksi, dan lain-lain.Seperti halnya menghimpun dana maupun pakaian untuk di alokasikan kepada korban bencana alam di daerah tertentu. Kemudian dalam usaha kecilnya, bagian penghimpunan memiliki ekonomi proteksi seperti menjual produk makanan maupun minuman berlabel halal dan sertifikasi legal, hal ini berguna untuk mengantisipasi biaya tak terduga. Dan yang terpenting adalah sebagai pendidikan”.

Devisi Olahraga

Olahraga               : 1) Ahmad Syaifullah IQT/4

                                   2) Zulfadly IQT/4

3) Affan Dolohlae IQT/4

4) Jamiluddin IQT/2

“Bagian Olahraga merupakan bagian yang sangat sportif sehat dan jasmani. pada organisasi ini, bagian olahraga menjungjung sportifitas bertugas dalam bidang pengembangan olahraga pada kesehatan jasmani dan rohani khususnya bagi mahasiswa prodi ilmu Al-qur’an dan tafsir”.

Devisi Pengelola Website

Pengelola Website : 1) Fathur Rohman IQT/4 (Telegram)

2) Muhammad Husein IQT/4 (twitter)

3) Faiz Alauddin IQT/4 (youtube)

4) Ismail IQT/2 (Facebook)

5) Luqman Harun IQT/2 (Instagram)

“Bagian Pengelola Website Merupakan bagian atau Devisi yang baru pada HMP IQT tahun ini. Bertugas dalam Kepengelolaan website yang terdiri dari mengedit laman (Editor Page), Mengedit Pengaturan Tulisan (SEO editor), Menerima article/Berita selanjutnya mempublish diwebsite, Bahkan tidak jarang bisa sebagai penulis Articla/Berita (Author)”.